Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Qoala, Aruna, BRI Life Kolaborasi Produk Asuransi untuk Nelayan

Produk berjenis asuransi jiwa ini dibuat untuk mengembangkan desa pesisir, mengingat melaut merupakan pekerjaan berisiko tinggi.
Dari kiri ke kanan: Tommy Martin (Co-founder & COO Qoala), Utari Octavianty (Co-founder dan General Director Aruna) dan Anik Hidayati (Direktur Pemasaran dan Bisnis Syariah BRI Life)meliuncurkan program asuransi mikro untuk nelayan. /Istimewa
Dari kiri ke kanan: Tommy Martin (Co-founder & COO Qoala), Utari Octavianty (Co-founder dan General Director Aruna) dan Anik Hidayati (Direktur Pemasaran dan Bisnis Syariah BRI Life)meliuncurkan program asuransi mikro untuk nelayan. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan startup yang bergerak di bidang insurance technology (insurtech), Qoala, bekerja sama dengan startup perikanan Aruna mengembangkan produk asuransi mikro untuk nelayan.

Kolaborasi tersebut juga menggandeng pialang asuransi PT Mitra Jasa Pratama dan perusahaan asuransi BRI Life.

Adapun, produk berjenis asuransi jiwa ini dibuat untuk mengembangkan desa pesisir, mengingat melaut merupakan pekerjaan berisiko tinggi. Preminya sangat terjangkau, mulai dari Rp 50.000 per tahun dengan manfaat hingga Rp 19 juta. Untuk proses klaim pun terbilang mudah, karena nelayan akan dibantu tim Aruna di Aruna Site dalam penggunaan aplikasi Qoala.

Co-founder sekaligus Chief Operating Officer (COO) Qoala Tommy Martin menjelaskan, aplikasi Qoala sangat mudah digunakan dan bisa diakses dengan cepat melalui smartphone. Untuk urusan keamanan data, tak perlu diragukan, Qoala saat ini tercatat dalam Sandbox Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di klaster Insurtech.

“Kami memiliki komitmen penuh untuk memberikan kemudahan bagi seluruh pengguna Qoala, khususnya para nelayan. Asuransi seharusnya bisa melindungi para pekerja di garis terdepan, dan harus bisa diakses dengan cepat dan mudah. Kerja sama Qoala dan Aruna ini kami harap dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan,” ujar Tommy, dalam keterangan resmi, Jumat (2/4/2021).

Menurut Tommy, kesadaran akan pentingnya asuransi meningkat di masa pandemi ini. Namun di sisi lain, distribusi asuransi yang biasanya dilakukan secara offline terkendala akibat imbauan social distancing. Dalam hal ini, Qoala berperan membangun teknologi agar akses terhadap produk asuransi bisa dilakukan secara online.

Co-founder sekaligus General Director Aruna Utari Octavianty menjelaskan lokasi pertama yang menjadi percobaan untuk sosialisasi asuransi ini adalah Masalembu, yang secara geografis terletak di antara Selat Makassar, Laut Jawa, Laut Flores, dan Selat Lombok.

Pertemuan tiga kawasan perairan ini menciptakan kekuatan fisis interaksi laut dan atmosfer secara alami, dengan risiko kecelakaan yang tinggi. Namun, perairan ini juga memiliki potensi ikan yang berlimpah dan beragam.

Tak heran jika mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan meskipun risiko melaut sangat tinggi. Selain itu, asuransi ini juga diluncurkan di Ujung Genteng, Jenebora dan Papaan.

“Bagi Aruna, nelayan merupakan mitra strategis yang perlu diperhatikan juga kesejahteraannya, apalagi melaut merupakan pekerjaan dengan risiko tinggi. Untuk itu kami mengajukan kerja sama dengan Qoala sebagai platform asuransi digital untuk menjangkau lokasi-lokasi terpencil. Nantinya, para nelayan yang telah terdaftar di platform Aruna cukup memberikan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga kepada para Local Heroes di Aruna Site, dan tim kami ini yang meng-input datanya ke platform Qoala,” tambah Utari.

Direktur Pemasaran dan Bisnis Syariah BRI LifeAnik Hidayati menyampaikan sinergi antara BRI Life, Aruna, dan Qoala merupakan momentum penting bagi untuk penetrasi produk mikro BRI Life ke masyarakat luas, dalam hal ini nelayan.

BRI Life menurutnya optimistis, kerja sama ini akan berjalan dengan sangat baik dan prospektif, di samping akan memberikan manfaat nyata untuk masyarakat mikro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper