Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Market Share Naik, Bank Syariah Nasional Dinilai Kian Potensial

Direktur Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah OJK Deden Firman Hendarsyah mengatakan market share perbankan syariah akhir tahun lalu sudah naik ke 6,51%, dan terus naik ke 6,55% pada awal tahun ini.
Ilustrasi lembaga keuangan syariah./Istimewa
Ilustrasi lembaga keuangan syariah./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Perbankan syariah nasional masih diharap mampu melanjutkan pertumbuhan pembiayaan yang baik pada tahun ini seiring dengan momentum pemulihan ekonomi nasional yang kuat.

Direktur Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah OJK Deden Firman Hendarsyah mengatakan market share perbankan syariah akhir tahun lalu sudah naik ke 6,51%, dan terus naik ke 6,55% pada awal tahun ini. Pembiayaan yang akhir tahun lalu tercatat naik 8,08% naik ke 8,71% pada awal tahun ini.

"Kita sudah melewati pandemi tahun lalu dan masih mampu membukukan pertumbuhan baik. kami berharap masih bisa mempertahankan pertumbuhan baiknya," sebutnya, Senin (5/4/2021).

Dia menyebutkan pemulihan ekonomi tahun ini sudah sangat cepat. Perbankan syariah pun terus mengupayakan peningkatan kinerja lantaran memiliki fundamental bisnis yang kuat.

Wakil Direktur Utama 2 Bank Syariah Indonesia Abdullah Firman Wibowo menambahkan perseroan akan mencoba untuk menstimulasi industri perbankan syariah tetap agresif tahun ini.

Selain potensi momentum perbaikan ekonomi nasional, Firman juga berharap ekspansi dari potensi ekosistem halal nasional.

"Itu juga belum termasuk dari potensi yang terbawa dari banyak bank bank daerah yang sudah melakukan konversi," sebutnya.

Dia menyampaikan, perbankan syariah nasional saat ini pun cukup agresif meningkatkan efisiensi operasional dan dana.

Hal ini akan menjadi peluang bagi perbankan syariah Tanah Air untuk meningkatkan daya saing, khususnya ketika berkompetisi dengan perbankan konvensional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper