Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Mengelola THR Lebaran Saat Pandemi Virus Corona

Manfaatkan dan syukuri rejeki, termasuk THR, dengan sebaik-baiknya. Jangan boros di tengh pandemi virus corona dan pakailah hanya untuk kebutuhan saja.
THR Lebaran harus dikelola  dengan baik./ilustrasi
THR Lebaran harus dikelola dengan baik./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang hari raya Idul Fitri selain bersilaturahmi bersama sanak keluarga, mendapatkan tunjangan hari raya (THR) juga menjadi hal yang ditunggu – tunggu oleh masyarakat. Terlebih pada masa pandemi saat ini, mendapat THR merupakan salah angin segar yang mampu membuat dompet terisi.

Namun, jangan sampai terlena dengan datangnya THR, sebab banyak dari masyarakat justru terlena dan malah menghamburkan uang THR mereka dengan hal hal yang tidak perlu. Terlebih saat pandemi seperti sekarang, mengelola uang menjadi bagian penting untuk kehidupan hari esok.

Dilansir dari keterangan resmi PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Kamis (22/4/2021), berikut tips dalam mengatur uang disaat bulan Ramadan dan lebaran menurut Legowo Kusumonegoro – Penasihat untuk Wealth and Asset Management Indonesia (WAM Indonesia):

1. Kendalikan Hawa Nafsu

Tidak sedikit orang yang mengeluh bahwa pengeluarannya justru membengkak di sepanjang bulan Ramadan.  Penting untuk mencari tahu penyebabnya, supaya kejadian serupa tidak terus terulang. Pada dasarnya ada dua faktor penyebab naiknya pengeluaran, yaitu naiknya harga di sepanjang Ramadan dan menjelang Lebaran, serta naiknya jumlah/frekuensi pembelanjaan.

Lalu, lapar mata atau nafsu saja terhadap beberapa barang menjadi salah satu sebab membengkaknya pengeluarannya. Maka dari itu, kita harus bisa menjaga dan memilah kebutuhan mana saja yang menjadi kebutuhan inti kita pada saat bulan Ramadan dan menjelang Lebaran nanti.

2. Hindari Berhutang

Hindari untuk berhutang untuk membeli barang yang tidak perlu. Sejatinya manusia sangat pintar dalam menyesuaikan diri. Maka, lakukan konsumsi atau pembelanjaan sesuai dengan kemampuan.

Manfaatkan dan syukuri rejeki, termasuk THR, dengan sebaik-baiknya. Cukup tidak cukup ya harus dicukup-cukupi. Tahan hawa nafsu.  Nikmatilah puasa dan Lebaran dengan penuh rasa syukur, kesederhanaan, dan kebersamaan.

3. Memanfaatkan THR dengan bijak

Skala prioritas pemanfaatan THR secara berurutan seharusnya seperti ini: membayar THR orang yang bekerja untuk kita (termasuk petugas keamanan lingkungan dan pengangkut sampah), membayar zakat dan sedekah, melunasi utang, mengisi simpanan dana darurat, diinvestasikan, dan sisanya baru boleh dibelanjakan.  

Dengan begitu, THR yang kita punya akan terlihat cukup dan berguna sekali pada masa seperti ini. Jangan menggunakan THR hanya untuk berfoya – foya saja untuk ego sendiri dan tidak memikirkan hal hal lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper