Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Citigroup Tolak 11 Transaksi terkait Pendanaan Bisnis Batu Bara

Citigroup menyatakan komitmen untuk menghentikan layanan keuangan bagi perusahaan tambang batu bara pada 2030.
Gedung Citigroup./Chris J Ratcliffe - Bloomberg
Gedung Citigroup./Chris J Ratcliffe - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Citigroup menyatakan telah menolak 11 transaksi terkait dengan bisnis pembangkit atau tambang batu bara sepanjang tahun lalu. Hal ini seiring dengan kebijakan perusahaan mengenai pendanaan di sektor tambang.

Dilansir Bloomberg pada Senin (26/4/2021), Citigroup memilih untuk tidak memberikan pinjaman setelah perusahaan ini menyatakan komitmennya menghentikan layanan keuangan bagi perusahaan tambang batu bara pada 2030.

Tidak hanya itu, Citigroup juga berjanji tidak akan memberikan pendanaan akuisisi atau layanan konsultasi terkait dengan pembangkit listrik batu bara dan nasabah baru yang 20 persen atau lebih suplai listriknya dipasok oleh pembangkit batu bara pada tahun depan.

"Citi telah meningkatkan upaya untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan dan risiko portofolio terkait dengan tambang dan pembangkit batu bara," demikian pernyataan perusahaan dalam laporan tahunan mengenai lingkungan, sosial, dan pengelolaan yang dirilis pada Senin (26/4/2021).

Langkah ini menunjukkan seberapa serius komitmen Citigroup dan bank-bank global lainnya dalam memenuhi janji untuk lebih ramah lingkungan, baik pada aspek operasional maupun pendanaan.

Citigroup, yang merupakan bank terbesar ketiga yang memberikan pendanaan ke perusahaan bahan bakar fosil pada 2020, telah berjanji untuk mencapai zero greenhouse-gas emissions penyaluran pinjaman pada 2050.

Contoh lain, Citigroup menyatakan pada 2020 bahwa perusahaan ini mulai melakukan peninjauan ulang terhadap nasabah yang memperdagangkan logam dari Afrika Tengah dan Afrika Barat, di mana operasi penambangan skala kecil berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Penambangan semacam itu seringkali tidak mekanis dan dapat terjadi tanpa izin atau standar keselamatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper