Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Warga di Jakarta memperlihatkan sejumlah kartu kredit. - Antara Foto / Ismar Patrizki.
Premium

'Jamu' untuk Bisnis Kartu Kredit dari Bank Indonesia

25 Mei 2021 | 19:18 WIB
Bank Indonesia mendorong kemudahan bagi masyarakat memanfaatkan kartu kredit, menahan membesarnya nasabah fintech?

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI), hari ini, Selasa (25/5/2021), otoritas moneter menetapkan suku bunga bagi kartu kredit menjadi 1,75 persen. Turun dari saat ini yang berlaku sebesar 2 persen.  

"Kebijakan ini pun juga ditujukan untuk meningkatkan transaksi nontunai masyarakat," sebut Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam pengumuman hasil RDG.

Dia menyebutkan dengan pemangkasan suku bunga kartu kredit, diharapkan konsumsi masyarakat dapat cepat meningkat. Meski demikian dia tidak menjelaskan lebih lanjut. Saat ini otoritas juga telah menetapkan pembayaran minimum 5 persen, sehingga memungkinkan peningkatan konsumsi. Sementara besaran denda keterlambatan tetap 1 persen. 

Teknik memangkas suku bunga sehingga semakin terjangkau ini bagai 'jamu' bagi industri perbankan. Seperti jamu, meski rasanya pahit namun diharapkan memberi khasiat yang menyehatkan yang mendorong masyarakat kembali menggunakan kartu kredit. Walaupun industri harus rela kehilangan sebagain pendapatan akibat bunga turun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top