Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Bisnis.com
Premium

Historia Bisnis: Jalan Arbitrase Akhiri Kasus di Industri Asuransi

09 Juni 2021 | 17:05 WIB
Mediasi dan Arbitrase diyakini memberi jalan lebih cepat bagi nasabah untuk memperoleh kepastian atas klaim polis yang dimiliki.

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai bisnis yang menjual janji, adakalanya nasabah dan perusahaan asuransi harus bertemu di pengadilan untuk menegakkan isi perjanjian. Langkah yang mahal dan menyita waktu. 

Untuk membuat langkah yang sama-sama menguntungkan antara penyelesain klaim nasabah dan kepastian hukum bagi perusahaan asuransi namun tidak harus bertemu di pengadilan, Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menggagas dibentuknya badan arbitrase dan mediasi. 

Lembaga arbitrase yang dibentuk dengan tujuan memberikan pelayanan kepada pemegang polis dengan transparan yang berbasis pada perlindungan serta penegakkan hak-hak pemegang polis melalui proses mediasi dan ajudikasi.

Upaya pembentukan lembaga mediasi dan arbitrase itu menjadi laporan Bisnis Indonesia pada 9 Juni 2004 dengan tajuk 'AAUI akan Bentuk Lembaga Arbitrase'. 

Ketua Bidang Hukum AAUI Kornelius Simanjuntak mengatakan selama ini banyak sengketa mengenai kewajiban pembayaran klaim dilakukan melalui pengadilan sehingga merugikan perusahaan asuransi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top