Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Petugas menunjukkan uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Senin (16/3/2020). - Bisnis/Arief Hermawan P
Premium

Perang Para Raksasa di Bisnis Paylater

10 Juni 2021 | 13:41 WIB
Bisnis paylater rupanya makin menjamur. Siapa saja pemainnya di Indonesia?

Bisnis.com, JAKARTA — Bani (28 tahun) bukan pemuda boros. Namun, suatu hari meja kerja yang biasa dipakainya untuk bekerja dari rumah rusak parah.

Bani mesti segera membeli pengganti yang baru jika tak ingin pekerjaannya terhambat. Masalahnya, kerusakan itu terjadi di pertengahan bulan, jauh sebelum dirinya gajian.

Bani memang punya sisa uang dingin, tetapi nominalnya jauh dari kata cukup untuk menebus satu set meja kerja baru. Saat itulah, dia berselancar di internet dan menemukan layanan paylater besutan salah satu perusahaan financial technology (fintech) sebagai jalan keluar.

Paylater, sebuah layanan yang kerap mengusung semboyan “belanja sekarang bayar nanti,” merupakan jasa penyediaan cicilan menyerupai kartu kredit. Bedanya, layanan ini tak terikat dengan suatu bank tertentu dan mereka berada di bawah perusahaan fintech pembayaran ataupun dompet digital.

Riset terkini Kredivo dan Katadata Insight Center menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 meningkatkan pengguna baru paylater secara signifikan. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 3.650 responden pengguna layanan tersebut, 55 persen di antaranya merupakan pengguna baru.

Studi lain yang dibuat Research Institute of Socio-Economic Development (RISED) dan Universitas Airlangga (Unair) pada Februari 2021, juga menyampaikan hal yang hampir sama. Survei terhadap 2.000 responden di 10 provinsi Indonesia menyimpulkan bahwa jumlah pengguna paylater telah mencapai 83 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top