Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cari Asuransi Mobil Syariah? Simak Produk Anyar Adira Insurance & Cermati Ini

Adira Insurance dan Cermati mengembangkan produk asuransi syariah seiring kebutuhan besar di Indonesia yang memiliki porsi penduduk Muslim begitu banyak.
PT Asuransi Adira Dinamika Tbk. atau Adira Insurance dan marketplace Cermati.com, melalui Cermati Protect, bekerja sama meluncurkan produk asuransi mobil syariah Autocillin Ikhlas/Istimewa
PT Asuransi Adira Dinamika Tbk. atau Adira Insurance dan marketplace Cermati.com, melalui Cermati Protect, bekerja sama meluncurkan produk asuransi mobil syariah Autocillin Ikhlas/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Asuransi Adira Dinamika Tbk. atau Adira Insurance dan marketplace Cermati.com, melalui Cermati Protect, bekerja sama meluncurkan produk asuransi mobil syariah Autocillin Ikhlas. Terdapat dua jaminan utama yang ditawarkan dari produk tersebut.

Chief Agency & Takaful Officer Adira Insurance Auralusia Rimadiana menjelaskan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Cermati yang memiliki kanal pemasaran asuransi secara digital. Kedua pihak mengembangkan produk asuransi syariah seiring kebutuhan besar di Indonesia yang memiliki porsi penduduk Muslim begitu banyak.

“Kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen Adira Insurance Syariah untuk terus mengembangkan solusi inovatif bagi pelanggan kami agar dapat mengakses produk-produk perlindungan dengan mudah kapan saja dan dimana saja melalui platform digital,” ujar Rimadiana, yang akrab dipanggil Ima, dalam keterangan resmi pada Senin (28/6/2021).

Ima menjelaskan bahwa produk Autocillin Ikhlas mencakup dua jenis jaminan utama. Pertama adalah Autocillin Ikhlas All Risk, yang memberikan jaminan untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan kendaraan.

Kedua, Autocillin Ikhlas total loss only (TLO) memberikan jaminan untuk kerusakan kendaraan di atas 75 persen dan kehilangan kendaraan. Calon nasabah dapat memilih jenis jaminan utama saat hendak membeli asuransi Autocillin Ikhlas di situs atau aplikasi cermati.com.

Menurut Ima, keunggulan utama asuransi mobil syariah dibandingkan dengan asuransi konvensional adalah para peserta asuransi saling menanggung risiko (sharing of risk) dengan menghibahkan kontribusi/premi yang dibayarkan untuk membantu peserta lain yang sedang terkena musibah. Dana kumpulan itu disebut sebagai dana tabarru’.

"Apabila dalam satu periode polis setelah dana tabarru’ digunakan untuk membantu peserta asuransi yang klaim masih terdapat surplus, maka surplus ini akan dibagikan kepada peserta melalui program bagi hasil. Bagi peserta yang tidak pernah melakukan klaim selama periode polis berlangsung, berkesempatan untuk mendapatkan pengembalian dana ini," ujar Ima.

Selain itu, dalam program bagi hasil, peserta diberikan dua pilihan terkait pengembalian dana tersebut yaitu sebagai pengurang kontribusi/premi polis renewal atau ditransfer ke rekening peserta.

Vice President of Insurance Cermati Protect Juanri menjelaskan bahwa pemanfaatan platform teknologi digital untuk saluran distribusi pemasaran asuransi mobil syariah merupakan langkah strategis perusahaan dalam mempermudah akses dan memperluas jangkauan masyarakat dalam mendapatkan perlindungan kendaraan. Hal itu pun dinilai dapat meningkatkan penetrasi asuransi syariah di Indonesia.

"Kami optimistis, potensi produk asuransi syariah masih sangat besar dan penetrasi dapat ditingkatkan dengan kemudahan akses dalam membeli asuransi secara digital,” ujar Juanri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper