Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbarindo: BPR akan Kolaborasi dengan Fintech

Kinerja fungsi intermediasi seklaigus meningkatkan efisiensi operasional khususnya dari sisi teknologi. Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto menyampaikan penggunaan digital masyarakat akan mendisrupsi industri keuangan nasional.
Logo BPR/perbarindo.or.id
Logo BPR/perbarindo.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) tengah menginisiasi model kerjasama BPR dan pelaku finansial teknologi.

Hal ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja fungsi intermediasi sekaligus meningkatkan efisiensi operasional khususnya dari sisi teknologi.

Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto menyampaikan penggunaan digital masyarakat akan mendisrupsi industri keuangan nasional. Oleh karena itu, BPR pun akan ikut bertransformasi untuk dapat menjaga eksistensi sekaligus menjawab potensi pertumbuhan yang lebih baik.

"Suka tidak suka, mau tidak mau BPR harus dinamis menghadapi perubahan. Perbarindo pun menginisiasi tranformasi digital BPR dengan berkolaborasi bersama fintech," katanya Senin (28/2021).

Dia menyampaikan kolaborasi dengan fintech akan membuat BPR memiliki peran sebagai big lender.

BPR memiliki likuiditas yang cukup untuk menjawab kebutuhan permodalan dan pendampingan yang dihasilkan dari pelaku fintech.

Di samping itu, BPR juga akan memiliki kemampuan untuk melakukan efisiensi dana capital expenditure dan operational expenditure teknologi informasi.

BPR hanya perlu berkolaborasi dari sisi sharing fee yang nantinya mampu meningkatkan nilai pasar pembiayaan di segmen mikro.

"Kami juga berharap implementasi digital lebih masif akan membuat tata kelola yang baik dari BPR semakin meningkat karena interaksi nasabah dengan BPR semakin kuat," sebutnya.

Adapun, kolaborasi nantinya akan berpusat pada akun tabungan nasabah, uang elektronik dan akun pinjaman nasabah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper