Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Hanya Incar Fee, Perbankan Didorong Fokus pada Solusi Bagi Nasabah

Meskipun perbankan nasional saat ini berlomba-lomba melakukan transformasi digital, tranformasi yang ada dinilai masih sangat terbatas dan hanya sekadar menunjukkan progres tanpa memberi solusi berarti kepada nasabah.
Ilustrasi - Aplikasi Motion. /Dok.  Bank MNC
Ilustrasi - Aplikasi Motion. /Dok. Bank MNC

Bisnis.com, JAKARTA - Transformasi digital banking dinilai perlu fokus pada user experience (UX).

Ketua Umum Indonesian Digital Empowering Community (IDIEC) M. Tesar Sandikapura mengatakan perbankan nasional saat ini berlomba-lomba melakukan transformasi digital.

Kendati demikian, tranformasi ini masih sangat terbatas dan hanya sekadar menunjukkan progres tanpa memberi solusi berarti kepada nasabah.

"Transformasi yang dilakukan saat ini sangat terbatas. User experience-nya masih belum terlalu diperhatikan secara mendalam," katanya, Sabtu (3/7/2021).

Dia menyampaikan bank-bank besar saat ini lebih banyak melakukan rebranding dalam layanan mobile banking. Tak banyak layanan atau kemudahan tambahan yang dapat diterima oleh nasabah.

Bahkan, mindset untuk selalu mendapat fee dari setiap layanan masih sangat kental.

Sementara itu, bank kecil yang bertranformasi juga belum dapat memberi kemudahan tambahan seperti halnya yang ditawarkan oleh pelaku fintech.

"Saay mau kasih contoh pelaku fintech FLIP yang memberikan layanan transfer antarbank secara gratis. Itu kan ada dan sudah mulai banyak digunakan masyarakat. Dan perbankan saat ini masih belum ada yang mampu memberi solusi seperti itu," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper