Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Allianz Siap Dirikan Perusahaan Manajemen Aset Usai Akuisisi RHB Asset Management

RHB Asset Management Indonesia mengumumkan di harian Bisnis Indonesia bahwa Allianz Global Investors Asia Pacific Limited merupakan calon pemegang saham pengendali baru. Allianz Global akan melakukan pembelian sebagian besar saham untuk pengambilalihan tersebut.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 28 Juli 2021  |  09:02 WIB
Allianz Siap Dirikan Perusahaan Manajemen Aset Usai Akuisisi RHB Asset Management
Karyawan melanyani nasabah di kantor Allianz di Jakarta, Senin (1/2/2021). Bisnis - Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Allianz Global Investors Asia Pacific Ltd. menyatakan bahwa pihaknya akan membentuk perusahaan manajemen aset tersendiri setelah menyelesaikan akuisisi PT RHB Asset Management Indonesia. Hal tersebut akan melengkapi bisnis grup Allianz di Indonesia, setelah unggul di sektor asuransi jiwa dan umum.

Pada Selasa (27/7/2021), RHB Asset Management Indonesia mengumumkan di harian Bisnis Indonesia bahwa Allianz Global Investors Asia Pacific Limited merupakan calon pemegang saham pengendali baru. Allianz Global akan melakukan pembelian sebagian besar saham untuk pengambilalihan tersebut.

Induk usaha perusahaan yang berbasis di Malaysia, RHB Banking Group mengatakan bahwa RHB Sekuritas Indonesia siap menjual 98,62 persen dan 1 persen kepemilikan saham RHB Asset Management Indonesia masing-masing kepada RHB Asset Management kepada Allianz Global Investors dan PT Asuransi Allianz Life Indonesia. Namun, perusahaan tidak mengungkapkan detail harga transaksi.

Head Communications Allianz Global Investors Asia Pacific Angie Tang menjelaskan bahwa akuisisi tersebut memberikan kesempatan bagi pihaknya untuk berkontribusi di tengah pasar Asia Tenggara yang berkembang pesat. Menurutnya, Allianz dapat menyuguhkan layanan keuangan yang lebih komprehensif di pasar Indonesia.

Angie pun menjelaskan bahwa Allianz akan memiliki layanan manajemen aset di Indonesia setelah akuisisi RHB Asset Management rampung. Usulan transaksi penjualan saham RHB Asset Management sendri diharapkan selesai pada kuartal IV/2021.

"Ya, setelah selesai transaksi [Allianz akan memiliki layanan manajemen aset]. Allianz Global Investors bertujuan untuk menyiapkan perwakilan yang terdepan di pasar Indonesia melalui akuisisi yang dilakukan untuk memperluas cakupannya di Asia Tenggara," ujar Angie kepada Bisnis, Selasa (27/7/2021) malam.

Dia pun menyatakan bahwa Allianz Global Investors berupaya untuk memperkuat kehadiran perusahaan induknya, Allianz SE, yang telah membangun bisnis asuransi dengan baik di Indonesia. Keberadaan itu akan semakin lengkap dengan terbentuknya perusahaan manajemen aset.

Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen menjelaskan bahwa entitas baru dari grup perusahaan finansial asal Jerman itu tidak akan memberikan dampak langsung terhadap entitas yang sudah ada di dalam negeri. Namun, terdapat peluang sinergi yang dapat menguntungkan di masa depan.

"Transaksi ini tidak berdampak langsung kepada seluruh nasabah Allianz Life Indonesia & Allianz Utama Indonesia. Kami akan membahas peluang potensial untuk masa depan pada waktunya," ujar Karin kepada Bisnis, Selasa (27/7/2021).

Sebagai informasi, RHB Asset Management Indonesia (RAMI) berdiri sejak 2003, merupakan anak perusahaan dari RHB Investment Bank Berhad. Pengendali langsung RAMI adalah RHB Banking Group, salah satu grup jasa keuangan terbesar di Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi akuisisi allianz
Editor : Ropesta Sitorus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top