Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri Catat Pertumbuhan Kredit Terkecil di Maluku dan Papua

Bank Mandiri melihat perlambatan konsumsi di Papua dan Maluku.
Gedung Bank Mandiri/bankmandiri.co.id
Gedung Bank Mandiri/bankmandiri.co.id

Bisnis.com, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Darmawan Junaidi mengatakan pertumbuhan kredit di Maluku dan Papua terkecil di antara pulau yang lain di Indonesia.

Darmawan menjelaskan pertumbuhan kredit pada kuartal II/2021 secara ending balance di Bank Mandiri tumbuh sebesar 7,13 persen untuk wholesale, sementara untuk retail tumbuh 5, 78 persen. Secara konsolidasi ending balance, kredit tumbuh 16,37 persen (year-on-year/yoy) atau total sekitar Rp1.014 Triliun.

Adapun, secara average balance, kredit tumbuh sebesar 9,85 persen sampai dengan semester 1/2021. Darmawan mengatakan secara nasional pertumbuhan kredit Bank Mandiri tidak lepas dari kekuatan jaringan kantor dan wilayah yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan sektor - sektor unggulan di masing masing wilayah.

"Jadi kalau kita liat per pulau hampir semuanya tumbuh positif, kecuali di Papua dan Maluku yang ditopang oleh sektor konstruksi dan peternakan dan perikanan namun pada konsumsi sedikit melambat," ujar Darmawan dalam Press Conference Optimisme Untuk Indonesia Kamis, (5/8/2021)

Darmawan pun menjelaskan pertumbuhan kredit di sumatera tumbuh 3,7 yoy persen, di pulau jawa tumbuh 3,9 persen yoy, di Bali & Nusa Tenggara tumbuh 2,7 persen yoy dan pertumbuhan kredit terbesar berada di pulau Kalimantan dan Sulawesi yang masing - masing tumbuh sebesar 29,6 persen yoy dan 14,4 persen yoy.

"Tentunya ini yang membuat kita semakin optimis bahwa semester 1/2021 menunjukan pertumbuhan yang jauh lebih baik dibandingkan apa yang kita miliki di tahun lalu." tutup Darmawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper