Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Himbara Danai ITDC Rp550 Miliar untuk Ajang Balap Motor di Mandalika

Kerja sama antara ITDC dan Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN terwujud dengan ditandatanganinya Perjanjian Fasilitas Kredit Sindikasi untuk KEK Mandalika pada Jumat, 3 September 2021.
Foto udara pembangunan lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, NTB./Istimewa
Foto udara pembangunan lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, NTB./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menggandeng Bank BUMN untuk terlibat dalam pembiayaan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kerja sama tersebut juga mencakup pembiayaan untuk pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau street circuit dan pembiayaan penyelenggaraan ajang balap motor internasional, di antaranya World Superbike November 2021, Pre Season Test MotoGP pada Februari 2022, dan MotoGP pada Maret 2022.

Kerja sama antara ITDC dan himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN, terwujud dengan ditandatanganinya Perjanjian Fasilitas Kredit Sindikasi untuk KEK Mandalika pada Jumat, 3 September 2021.

Melalui perjanjian ini, Himbara akan memberikan fasilitas kredit sindikasi berupa kredit investasi pembangunan JKK/Street Circuit dengan limit sebesar Rp400 miliar dan kredit modal Kerja untuk persiapan penyelenggaraan WSBK dan MotoGP dengan limit mencapai Rp150 Miliar.

Selain itu, kerja sama tersebut juga mencakup pemberian fasilitas Non Cash Loan/SBLC dengan limit hingga EUR 14,6 juta.

Asisten Deputi Bidang Jasa Pariwisata dan Pendukung Kementerian BUMN Endra Gunawan menyampaikan bahwa pembangunan Mandalika International Street Circuit sangat penting karena akan memberikan manfaat agregat yang besar bagi Indonesia dan NTB.

“Sesuai hasil perhitungan yang kami terima, MotoGP dapat menambah kunjungan wisatawan hingga 300.000 orang per tahun. Ini jumlah yang signifikan guna menambah kunjungan wisatawan apalagi di masa pandemi ini,” kataya dalam siaran pers yang dikutip Bisnis, Sabtu (4/9/2021).

Endra mengatakan Kementerian BUMN akan mengawal penyelesaian sirkuit, baik aspek kualitas agar sesuai standar international, maupun ketepatan waktu penyelesaian.

ITDC selain didukung Pemerintah dan BUMN dalam penyelesaian Sirkuit, juga tengah mengejar penyelesaian fasilitas pendukung di luar sirkuit agar penyelenggaraan event berjalan dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan bahwa fasilitas kredit investasi pembangunan street circuit dengan limit sebesar Rp400 Miliar akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk memenuhi pembiayaan pembangunan, di mana sebagian telah dibiayai dengan menggunakan dana PMN sebesar Rp500 miliar yang diterima pada 2020.

“Kerjasama antar BUMN dalam bentuk fasilitas kredit yang kami terima hari ini merupakan suatu bukti komitmen solid dari BUMN serta menunjukkan kepercayaan yang tinggi atas komitmen ITDC dalam mengembangkan kawasan The Mandalika serta keseriusan kami dalam menyelenggarakan event balap motor Internasional di Mandalika International Street Circuit,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper