Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri jadi Bank Terbaik Sektor Perseroan Bisnis Indonesia Award 2021

Wakil direktur Bank Mandiri Alexandra W. Askandar mengatakan penghargaan ini diharapkan mampu menjadi dorongan semangat bagi Bank Mandiri untuk terus berinovasi ke depan.
Gedung Bank Mandiri/bankmandiri.co.id
Gedung Bank Mandiri/bankmandiri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyabet penghargaan Bank Terbaik di sektor perbankan perseroan dalam pergelaran Bisnis Indonesia Award atau BIA 2021, yang digelar secara virtual pada Rabu (15/9/2021).

Wakil direktur Bank Mandiri Alexandra W. Askandar mengucapkan terima kasih atas raihan penghargaan tersebut, yang dinilai mampu menjadi dorongan semangat bagi Bank Mandiri untuk terus berinovasi ke depan.

“Ini menjadi semangat kami untuk terus berkarya, berinovasi, dan melakukan transformasi digital dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada nasabah, serta berkontribusi dalam mendorong laju perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19,” ujar Alexandra dalam sambutan di ajang BIA 2021.

Sampai dengan Semester I/2021, bank berlogo pita emas itu, membukukan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp12,5 triliun atau tumbuh 21,45 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Pertumbuhan laba tersebut didukung oleh peningkatan pendapatan bunga bersih sebesar 21,50 persen yoy menjadi Rp35,16 triliun.

Selain itu, pendapatan berbasis jasa (fee based income) yang tumbuh sebesar 17,27 persen yoy menjadi Rp15,94 triliun, turut menopang pertumbuhan laba.

Adapun, penyaluran kredit naik 16,37 persen secara tahunan menjadi Rp1.014,3, sedangkan dana pihak ketiga (DPK) naik 19,73 persen secara tahunan menjadi Rp1.1692 triliun. Dari total DPK, komposisi dana murah sebesar 68,49 persen atau mencapai Rp800,8 triliun.

Bisnis Indonesia Award adalah kegiatan tahunan dari harian Bisnis Indonesia. Pelaksanaan BIA 2021 merupakan yang ke-19 sejak pertama kali dilaksanakan pada 2002.

BIA adalah penghargaan dari Harian Bisnis Indonesia, sebagai navigasi bisnis terpercaya, terhadap pelaku bisnis di Indonesia, khususnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Bisnis Indonesia Award dalam pelaksanaannya menggunakan tema tertentu yang ditentukan oleh redaksi Harian Bisnis Indonesia, berdasarkan pertimbangan tren bisnis dan ekonomi yang menjadi fokus perhatian redaksi selama periode award berlangsung.

Periode yang dimaksud dalam ajang BIA 2021 adalah Laporan Keuangan Periode Tahun 2018 sampai dengan 2020.

Tahapan seleksi penentuan pemenang terbagi dalam tiga tahap. Pertama, screening yang bertujuan menyeleksi nominee berdasarkan kriteria tertentu. Kedua, seleksi kuantitatif. Lima perusahaan yang lolos akan diajukan ke tahap kualitatif.

Tahapan terakhir adalah seleksi kualitatif yang bertujuan menentukan satu pemenang penerima award berdasarkan pertimbangan para dewan juri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper