Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Kelebihan Pinjol: Cepat Cair hingga Kelola Pembayaran

Selain mudah diakses dan cepat cair, pinjaman online memang memiliki sederet manfaat besar. Berikut 5 kelebihan pinjol yang perlu Anda ketahui.
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol/Freepik.com
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Siapa saja kini bisa mengakses pinjaman online atau pinjol. Selain cepat cair, kehadiran fintech lending juga bisa memiliki manfaat lain. Simak uraiannya!

Pinjaman online (pinjol) merupakan bentuk bantuan uang yang dapat Anda pinjam dari pemberi pinjaman yang Anda bayar kembali dengan bunga dan/atau biaya. Hal ini dilakukan secara dring, dalam serangkaian pembayaran yang mungkin jatuh pada tanggal pembayaran.

Untuk jumlah dan jangka waktu pinjaman cicilan, tergantung pada sejumlah faktor seperti jenis pinjaman cicilan, pendapatan, dan seberapa sering Anda menerima pembayaran.

Setelah permohonan Anda disetujui oleh lembaga pemberi pinjaman (fintech lender), uang tersebut biasanya langsung ditransfer ke rekening bank Anda pada hari kerja yang sama. Namun, kebijakan tergantung pada setiap lembaga keuangan.

Perlu diingat, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memperbarui fintech lending atau lembaga pinjaman online yang terdaftar dan berizin di OJK sebanyak 107 penyelenggara. Jadi, Anda jangan sampai salah untuk mengajukan pinjol.

Selain mudah diakses dan cepat, pinjaman online memang memiliki sederet manfaat. Berikut 5 kelebihan pinjol seperti dilansir dari Monkey Key, Selasa (28/9/2021):

1. Cepat dan Mudah

Manfaat lain dari pinjol, yaitu cepat dan mudah. Ini memungkinkan Anda untuk menutupi pengeluaran yang diperlukan dan segera dengan cepat.

Memang, waktu pemrosesan untuk berbagai lembaga keuangan online berbeda-beda. Namun, banyak waktu yang dihemat karena tidak diperlukan perjalanan bolak-balik ke lokasi fisik pemberi pinjaman.

2. Variasi Jumlah Pinjaman

Tergantung pada jenis produknya, beberapa pinjol mungkin memiliki jangka waktu pinjaman yang lebih lama dan beberapa pemberi pinjaman mungkin menawarkan jumlah pinjaman yang lebih tinggi.

Bagi sebagian orang, jumlah pinjaman yang lebih tinggi ini bisa cukup untuk menutupi biaya darurat atau biaya tak terduga yang lebih mahal. Namun, jumlah pinjaman yang lebih besar ditambah dengan pembayaran yang dapat dikelola. juga dapat mengurangi risiko Anda perlu mengambil beberapa pinjaman untuk memperoleh dana yang cukup untuk menutupi biaya tak terduga.

3. Menutupi Pengeluaran Darurat

Sebanyak apa pun Anda ingin menghindarinya, keadaan darurat tak terduga selalu muncul dari waktu ke waktu. Apalagi saat pandemi Covid-19.

Misalnya, kendaraan Anda mogok atau Anda tiba-tiba harus dilarikan ke rumah sakit. Jika tidak memiliki cukup tabungan untuk membayar biaya darurat yang tidak terduga, pinjol mungkin dapat membantu mengatasi hal ini.

4. Pembayaran Dapat Dikelola

Sebagian besar pinjaman hari bayaran jatuh tempo secara penuh pada tanggal pembayaran Anda berikutnya. Jenis pembayaran ini terkadang dapat meningkatkan tekanan keuangan pada peminjam.

Alasan utama seseorang mengajukan pinjol karena proses pelunasannya mungkin lebih mudah diatur. Jadwal pembayaran jangka panjang mungkin bekerja lebih baik bagi sebagian orang karena membuat pembayaran lebih mudah diatur dan nyaman.

Mengetahui jumlah dan tanggal pembayaran juga dapat memungkinkan Anda untuk memasukkan pembayaran ke dalam anggaran Anda dan memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang yang tersisa untuk menutupi pengeluaran bulanan Anda yang lain.

5. Proses Sederhana

Pinjol membuat layanan pengajuan juga semakin mudah. Misalnya, untuk mengajukan pinjaman melalui aplikasi daring, kemungkinan hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk Anda ajukan. Dengan kata lain, Anda menghemat waktu dan dapat melakukan kegiatan lain saat sedang mengajukan pinjol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper