Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri (BMRI) Telah Salurkan Rp114,58 Triliun untuk UMKM

Nilai tersebut tumbuh 18,52 persen year-on-year (yoy) dari periode yang sama tahun lalu.
Logo PT Bank Mandiri Tbk. (Persero)./Reuters
Logo PT Bank Mandiri Tbk. (Persero)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) telah menyalurkan pembiayaan kepada pelaku UMKM sebesar Rp114,58 triliun sampai akhir Agustus 2021.

Senior Executive Vice President (SEVP) Micro & Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K. Triprakoso, mengatakan nilai tersebut tumbuh 18,52 persen year-on-year (yoy) dari periode yang sama tahun lalu.

“Dari nilai tersebut, penyaluran pembiayaan yang dilakukan secara online telah mencapai Rp22,9 miliar yang telah diberikan kepada seller online mitra e-commerce,” kata Joseph dalam Launching Virtual Workshop bertajuk Transformasi Digital UMKM Merah Putih 2021, Rabu (13/10/2021).

Joseph menuturkan bahwa Bank Mandiri mengupayakan berbagai inisiatif dalam rangka mewujudkan akselerasi transformasi bisnis UMKM ke arah digital.

Bahkan, Bank Mandiri mencatat sebanyak 579 ribu rekening tumbuh sebesar 5,7 persen (yoy) melalui transaksi pembukaan rekening online.

Lebih lanjut, transaksi melalui e-commerce dengan Bank Mandiri telah mencapai Rp10 triliun atau tumbuh 23 persen (yoy) pada Agustus 2021.

Selain itu, Bank Mandiri turut melakukan dukungan lain sebagai bentuk pemulihan ekonomi dengan menyelenggarakan Rumah BUMN. Program ini merupakan bentuk pembinaan, pengembangan, dan pendampingan UMKM, serta mengikutsertakan UMKM binaan ke dalam acara yang diselenggarakan pihak kementerian atau instansi lain.

Tak berhenti di sana, Joseph mengungkapkan bahwa Bank Mandiri juga melakukan festival diskon nasional, yaitu produk lokal Bangga Buatan Indonesia yang berhasil mencatat penjualan dengan total volume penjualan sebesar Rp6,8 triliun pada Desember 2020.

“Bank Mandiri berkomitmen [untuk] mendukung program pengembangan UMKM secara konsisten dan memperkuat infrastruktur pendukung layanan digital Mandiri melalui perbaikan dan penambahan fitur untuk memudahkan nasabah dan mendorong masyarakat untuk bertransaksi nontunai,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper