Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI: Penyaluran Kredit Baru pada September 2021 Meningkat

Hasil survei menunjukkan bahwa Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru tumbuh sebesar 48,9 persen pada September 2021. Sedangkan pada bulan sebelumnya, SBT hanya tumbuh 25 persen.
Karyawan menghitung mata uang rupiah di salah satu cabang MNC Bank, Jakarta. Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan menghitung mata uang rupiah di salah satu cabang MNC Bank, Jakarta. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) merilis hasil laporan survei yang mencatat penyaluran kredit baru diindikasi meningkat pada September 2021 dibandingkan bulan sebelumnya.

Hal itu berdasarkan hasil Laporan Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan September 2021 yang dirilis Jumat (15/10/2021).

Lebih lanjut, hasil survei menunjukkan bahwa Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru tumbuh sebesar 48,9 persen pada September 2021. Sedangkan pada bulan sebelumnya, SBT hanya tumbuh 25 persen.

Berdasarkan kelompok bank, BI mencatat bahwa meningkatnya pertumbuhan penyaluran kredit baru pada September 2021 diprakirakan terjadi pada seluruh kategori bank.

Sementara jika dilihat dari jenis penggunaan, penyaluran kredit baru diprakirakan meningkat pada jenis Kredit Modal Kerja (KMK), Kredit Investasi (KI), dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada September 2021.

“Faktor utama yang mempengaruhi perkiraan penyaluran kredit baru pada September 2021 adalah prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta permintaan pembiayaan dari nasabah,” jelas BI seperti dikutip pada Jumat (15/10/2021).

Menariknya, penyaluran kredit baru diprakirakan kembali menguat pada Oktober 2021 yang terindikasi dari SBT tumbuh sebesar 78,7 persen.

Pada Oktober 2021, pertumbuhan penyaluran kredit baru yang meningkat diprakirakan terjadi pada kategori bank umum dan bank pembangunan daerah (BPD).

Sementara jika dilihat dari jenis penggunaan, meningkatkan pertumbuhan kredit baru diprakirakan terjadi pada KMK, KI, dan kredit konsumsi selain KPR.

Meski demikian, BI mengatakan bahwa penyaluran kredit baru pada triwulan III/2021 diindikasi melambat. Hal ini terlihat dari SBT perkiraan penyaluran kredit baru triwulan III/2021 berangkat dari hasil survei periode September 2021 yang tumbuh sebesar 48,9 persen.

“Berdasarkan kelompok bank, perlambatan secara triwulanan diprakirakan terjadi pada bank umum dan bank umum syariah,” paparnya.

Sementara jika dilihat dari jenis penggunaan, perlambatan kredit baru diprakirakan terjadi pada KMK, KPR, dan kredit konsumsi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper