Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investree Bukukan Fasilitas Pinjaman Rp12 Triliun per September 2021

Investree membukukan angka fasilitas pinjaman tersebut naik 51 persen secara dibandingkan dengan angka tahun lalu.
Ketua Umum Asosiasi Pendanaan Fintech Bersama Indonesia yang juga  CEO Investree Adrian A Gunadi, memberikan penjelasan pada diskusi Digital Economic Forum di Jakarta, Kamis (28/3/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Ketua Umum Asosiasi Pendanaan Fintech Bersama Indonesia yang juga CEO Investree Adrian A Gunadi, memberikan penjelasan pada diskusi Digital Economic Forum di Jakarta, Kamis (28/3/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Investree Radhika Jaya (Investree) berhasil membukukan catatan total fasilitas pinjaman sebesar Rp12 triliun per September 2021.

Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi menyebutkan capaian tersebut naik 51 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Sedangkan nilai pinjaman tersalurkan adalah sebesar Rp8 triliun.

Kontribusi Investree terhadap industri fintech lending di Indonesia pun nyata. Di mana outstanding Investree berkontribusi sebesar 8,3 persen terhadap pinjaman outstanding produktif negara.

Tingkat keberhasilan pengembalian pinjaman 90 hari (TKB90) Investree per September pun masih bertahan di 98,22 persen, lebih baik dari rata-rata nasional di 93,3 persen.

Dari segi angka pemberi pinjaman dan peminjam, pada akhir kuartal III/2021, tercatat sudah ada 46 ribu Lender dan 6 ribu Borrower yang tergabung di Investree (angka kumulatif). Perbandingan jumlah Lender Individu dan Lender Institusi kini berada di persentase 40:60.

"Hal ini menunjukkan semakin banyak institusi-institusi besar yang terdorong untuk membantu pemberdayaan UKM sekaligus mengembangkan aset perusahaannya dengan menjadi pendana institusi di Investree," terangnya melalui keterangan resmi, Minggu (24/10/2021).

Lebih lanjut, Investree giat menambah sekaligus memperkuat kolaborasi strategis dengan anggota ekosistem keuangan digital. Kolaborasi-kolaborasi yang dilakukan selama 2021 antara lain, pada April, Investree dan Gramindo Berkah Madani merayakan 1.000 pengusaha perempuan ultamikro yang tergabung sebagai peminjam (borrower) di Investree.

Kini, angka tersebut terus bertambah hingga menyentuh 5.000 entitas. Kolaborasi ini terbukti meningkatkan kesejahteraan ibu-ibu pedagang di Yogyakarta yang membutuhkan dukungan pembiayaan untuk mengembangkan usaha sederhana mereka.

Selain itu, ada kolaborasi Investree dengan salah satu bank rekanan, yaitu Danamon yang berhasil menuai penghargaan di tingkat internasional pada Juni, di mana Danamon dan Investree kembali memperoleh penghargaan dari The Asset Triple A - Treasury, Trade, SSC (Sustainable Supply Chain), dan Manajemen Risiko “Best Hedging and Risk Solution: FX” atas kerja samanya menerapkan inovasi baru di bidang layanan lindung nilai valas (FX hedging) dan manajemen risiko.

Investree turut menggandeng platform digital freight forwarder, Andalin, untuk menawarkan akses pembiayaan bea cukai dan pajak bagi para klien Andalin melalui produk unggulan Buyer Financing. Kerja sama ini bertujuan untuk membantu meringankan beban biaya klien agar mereka tidak perlu mengeluarkan biaya besar di awal sehingga manajemen arus kas perusahaan dapat dioptimalkan.

Dari aspek penguatan jajaran pendana (lender) Institusi, pada semester II/2021, Investree resmi menyambut Bank Jago dan BPR Lestari. Bersama dengan kedua bank terkemuka tersebut lewat kemitraan channeling, Investree berkomitmen untuk membantu pelaku UKM bangkit dan pulih dari krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Daftar kolaborasi dengan mitra-mitra strategis yang disebutkan di atas tentunya akan terus bertambah dan yang telah eksis akan semakin menguat dari segi proses bisnis, dampak, dan lain sebagainya. Makanya, selain mengeksplorasi, Tim Investree juga gencar melakukan perbaikan dan pemeliharaan dari setiap kerja sama yang sudah terbangun. Pada perayaan tahun keenam kami berdiri ini, kami berharap semuanya bisa bertumbuh lebih solid atau #GrowStron6er," tambahnya.

Adapun, sejalan dengan tujuan yang dicanangkan oleh pemerintah dalam mencapai inklusi finansial, Investree turut berkontribusi ke gelaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Bulan Inklusi Keuangan.

Investree akan bergabung menjadi salah satu peserta pameran produk/jasa keuangan FinExpo BIK 2021 yang diselenggarakan secara virtual selama 18 Oktober - 2 November 2021 dan dapat diakses oleh masyarakat melalui website www.finexpo-bik2021.id.

Selain itu, sebagai persembahan atau hadiah Investree bagi Borrower dan Lender pada ulang tahun ke-6, Investree memberikan berbagai promosi menarik yang dapat membuat pengajuan pinjaman UKM ataupun pendanaan masyarakat semakin menguntungkan lewat laman http://promo.investree.id.

"Kami tidak pernah menyangka perkembangan Investree bisa seprogresif ini. Meski pada 2015 kami sudah berambisi menjadi pionir di Asia Tenggara, di mana sekarang Investree telah berekspansi ke Filipina dan Thailand, tapi sejumlah batu lompatan yang muncul selama beberapa tahun terakhir berhasil membuat kami takjub. Dari situ kami semakin termotivasi agar bertumbuh lebih besar dan kuat lagi," ungkap Adrian.

Ke depan, Adrian mengungkap pihaknya akan mengadakan Investree Conference 2021 yang akan hadir kembali secara online pada 9 Desember 2021 bertema 'Revitalising SMEs to Support Faster and Resilient Economic Recovery' dengan pembicara-pembicaranya adalah para tokoh yang mumpuni di bidangnya, baik dari dalam maupun luar negeri.

Masyarakat umum juga dapat mengikuti Kompetisi 'Nge-Reels di Ulang Tahun Investree' dengan total hadiah belasan juta rupiah. Cukup buat Instagram Reels kreatif dengan tema ulang tahun Investree ke-6 #GrowStron6er, unggah ke akun Instagram pribadi dengan menandai (tag) @investree.id, dan dapatkan hadiah untuk Reels paling keren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Azizah Nur Alfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper