Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akselerasi Penerbitan Polis Asuransi dengan Digital, Askrindo Gandeng TekenAja!

Kerja sama layanan tanda tangan elektronik ini telah dimulai sejak Mei 2021 dan diresmikan pada 26 Oktober 2021.
Peresmian Kerja Sama Program Tanda Tangan Elektronik antara PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo dengan PT Djelas Tandatangan Bersama (TkenAja!), Selasa (26/10/2021)/Dokumen Askrindo
Peresmian Kerja Sama Program Tanda Tangan Elektronik antara PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo dengan PT Djelas Tandatangan Bersama (TkenAja!), Selasa (26/10/2021)/Dokumen Askrindo

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo, anggota Holding Perasuransian dan Penjaminan Indonesia Financial Grup (IFG), menjalin kerja sama strategis dengan PT Djelas Tandatangan Bersama (TékenAja!) yang merupakan perusahaan joint venture bersama GDP Venture dalam menerapkan solusi tanda tangan digital.

Kolaborasi yang dilakukan ini akan digunakan untuk penerbitan polis asuransi untuk calon nasabah. Kerja sama layanan tanda tangan elektronik ini telah dimulai sejak Mei 2021 dan diresmikan pada 26 Oktober 2021.

Alwin Jabarti Kiemas, Direktur Utama TékenAja!, menuturkan bahwa dengan hadirnya tanda tangan digital TékenAja! pada layanan asuransi Askrindo, calon nasabah diharapkan mendapatkan pengalaman asuransi yang lebih praktis dan menyenangkan.

“TékenAja! merasa bangga menjadi salah satu perusahaan digital signature yang bisa berkolaborasi dengan Askrindo guna memberikan kemudahan lebih bagi para nasabah dalam proses penerbitan polis secara online, cepat, aman, dan nyaman,” ujar Alwin melalui siaran pers, Selasa (26/10/2021).

Liston Simanjuntak, Plt. Direktur Utama Askrindo, turut menunjukkan antusiasme atas kolaborasi ini yang dipercaya akan memperkuat layanan asuransi yang telah ada.

“Layanan tanda tangan elektronik ini merupakan lanjutan AskrindoConnect dalam meningkatkan layanan digital dan layanan security. Seiring dengan terus berkembangnya kebutuhan dan keinginan masyarakat yang semakin melek terhadap digital, dan Askrindo terus berinovasi serta menjalin kolaborasi dengan mitra strategis," kata Liston.

Liston juga menambahkan kerja sama ini juga dapat mempercepat layanan SLA ke customer, baik proses penerbitan polis dan dokumen kontrak dengan pihak eksternal.

“Kami yakin kerja sama dengan TékenAja! ini tidak hanya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para nasabah, namun juga akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Setiap proses penerbitan polis yang dilakukan nasabah melalui ekosistem digital menjadi kontribusi yang berarti bagi pertumbuhan bisnis lokal dan pergerakan roda perekonomian Indonesia,” jelasnya.

Kerja sama ini tentunya akan membantu dalam menjangkau nasabah lebih luas dan bisa mengurangi penggunaan kertas, memotong waktu pemrosesan dokumen, dan akhirnya meningkatkan efisiensi, serta efektivitas tanpa mengorbankan rambu-rambu yang ada pada industri asuransi.

Selain itu, ketentuan yang berlaku terkait mitigasi risiko karena penerapan tanda tangan digital memiliki dasar hukum Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta Peraturan Pemerintah PSTE Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Askrindo terus berinovasi untuk meningkatkan penetrasi pasar dalam persaingan di industri asuransi dan memastikan proses digital on boarding dapat berjalan efisien, sehingga Askrindo dapat menjadi salah satu perusahaan asuransi di Indonesia yang bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk setiap nasabah.

Di lain sisi, TékenAja! selaku Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) Berinduk di Indonesia juga turut serta berinovasi dalam penyediaan tanda tangan digital di Indonesia untuk dapat membantu mempercepat dan mempermudah proses digital on boarding dengan tetap mengedepankan keamanan data serta kenyamanan pengguna.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper