Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Skema Akuisisi Bank Fama oleh Emtek (EMTK)

Anak usaha Emtek, PT Elang Media Visitama (EMV) akan menjadi pemegang saham pengendali baru Bank Fama setelah pengambilalihan yang diusulkan.
Logo Bank Fama/bankfama.co.id
Logo Bank Fama/bankfama.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) siap mengakuisisi PT Bank Fama International lewat anak usahanya, PT Elang Media Visitama (EMV).

Dalam ringkasan rancangan pengambilalihan yang dipublikasikan pada hari ini (5/11/2021), pengambilalihan yang diusulkan akan dilaksanakan dengan cara EMV membeli 9.089.503.800 lembar saham Bank Fama, yang mewakili 93 persen total saham yang ditempatkan di Bank Fama.

Saham yang akan dibeli EMV terdiri dari 4.428.701.427 saham yang dimiliki oleh Junus Jen Suherman, 1.704.285.876 saham yang dimiliki Edi Susanto, 1.704.285.876 saham yang dimiliki Dewi Janti, dan 1.252.230.621 saham yang dimiliki PT Surya Putra Mandiri Sejahtera.

Setelah pengambilalihan yang diusulkan, susunan pemegang sahamnya yakni EMV akan menjadi pemegang 9.089.503.800 lembar saham FAMA dengan total nilai nominal yaitu Rp908,95 miliar yang mewakili 93 persen dari total saham yang ditempatkan dan disetor di FAMA. 

PT Nusantara Berkat Agung (NBA) akan menjadi pemegang 684.156.200 lembar saham dengan total nilai nominal yaitu Rp100 yang mewakili 7 persen dari total saham yang ditempatkan dan disetor di FAMA yang diperoleh dari pembelian 684.156.200 lembar saham FAMA dari Junus Jen Suherman.

"Berdasarkan struktur kepemilikan saham pro forma FAMA, EMV akan menjadi pemegang saham pengendali baru FAMA setelah pengambilalihan yang diusulkan," tulis manajemen dalam ringkasan rancangan pengambilalihan.

Lebih lanjut, pengambilalihan yang diusulkan akan dibiayai melalui pendanaan internal EMV melalui tambahan setoran modal yang dilakukan oleh Emtek, pemegang saham mayoritas EMV.

EMV menguraikan alasan dan tujuan pengambilalihan Bank Fama sejalan dengan rencana bisnis jangka panjang dari EMV untuk mengembangkan usahanya di Indonesia, termasuk untuk mendukung gerakan pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan dan akses perbankan pada sektor UMKM. Pengambilalihan yang diusulkan mewakili investasi strategis oleh EMV dan diharapkan meningkatkan pendapatan di masa depan dan nilai dari EMV. 

Adapun alasan dan tujuan aksi ini dari Bank Fama yaitu dalam rangka memenuhi POJK 12 sehubungan dengan kewajiban modal inti minimum. Selain itu, aksi ini juga memungkinkan perseroan untuk memanfaatkan kekuatan finansial, jaringan global, serta produk dan keahlian sektoral dari EMV untuk meningkatkan ambisinya dalam bertumbuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper