Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

'Wirausaha Pintar' Raih Penghargaan TOP 5 Inovasi Kemenpan RB

Sekadar informasi, Wirausaha Pintar merupakan bentuk layanan extra miles dari Taspen untuk memastikan kesejahteraan ASN masa pensiun, karena rata-rata para pensiunan kehilangan pendapatan lebih dari 70 persen dibandingkan saat masih aktif bekerja.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 10 November 2021  |  01:49 WIB
Ilustrasi pensiun
Ilustrasi pensiun

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan asuransi dan dana pensiun pelat merah PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen mendapat apresiasi atas program besutannya yang bertajuk Wirausaha Pintar.

Program ini meraih penghargaan TOP 5 Inovasi Pelayanan Publik Kategori Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, diserahkan secara daring oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.

Sekadar informasi, Wirausaha Pintar merupakan bentuk layanan extra miles dari Taspen untuk memastikan kesejahteraan ASN masa pensiun, karena rata-rata para pensiunan kehilangan pendapatan lebih dari 70 persen dibandingkan saat masih aktif bekerja.

Melalui program ini, Taspen memberikan pembekalan berupa sosialisasi mengenai entrepreneurship bagi para ASN yang dalam 2-3 tahun ke depan akan memasuki masa purnatugas. Harapannya, mereka bisa mandiri secara finansial, serta mengurangi risiko penurunan kesehatan dan mental, karena tetap produktif di hari tua.

Direktur Utama Taspen A.N.S Kosasih mengungkap bahwa penghargaan ini merupakan cerminan kerja keras dari seluruh insan Taspen dalam pelayanan sebagai perusahaan asuransi bagi ASN sekaligus pembukaan lapangan kerja baru.

"Penghargaan ini juga dapat kami raih berkat dukungan para peserta program yang sangat antusias dalam mengikuti Program Wirausaha Pintar. Ke depan, Taspen akan terus berinovasi menghadirkan program-program yang bermanfaat bagi para ASN dan pensiunan ASN agar tetap produktif," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (9/11/2021).

Kosasih berharap program ini turut memiliki multiplier effect sebagai langkah membuka lapangan pekerjaan baru dan menjadi wadah pemberdayaan masyarakat umum di lingkungan sekitar pensiunan ASN.

Hingga kini, tercatat jumlah peserta Program Wirausaha Pintar telah mencapai 82.582 ASN yang menjadi obyek pelatihan wirausaha dan 1.505 wirausahawan ASN.

Program ini telah dilaksanakan di 57 kantor cabang Taspen dengan dukungan mitra perbankan dan pada tahun 2019, Program Wirausaha Pintar juga menjadi objek benchmark oleh GEPS Korea Selatan.

Sekadar informasi, Taspen juga menerapkan layanan digital untuk para pensiunan ASN lewat TASPEN PESONA atau anggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona, yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klaim, Tcare dan Otentikasi Digital.

Lebih lanjut, peserta pensiunan dapat mengakses layanan TASPEN melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim, mengajukan pertanyaan dan keluhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha pensiun
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top