Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bingung Pilih Asuransi Proteksi atau Investasi? Begini Tips IFG Life

Sebelum membeli produk asuransi jiwa sebaiknya nasabah memahami produk yang akan dibelinya.
Ilustrasi asuransi/mhibroker.com
Ilustrasi asuransi/mhibroker.com

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Asuransi Jiwa IFG (IFG LIfe) bersama Finansialku.com memberikan edukasi keuangan dan asuransi melalui IG Live Talks terkait tips memilih produk asuransi jiwa.

Pada IG Live Talks kali ini mengundang Robby Christy yang merupakan Head of Advisor di Finansialku dan Donna Maretha selaku moderator IFG Life. Tema yang diangkat pada IG Live Talks kali ini adalah 'Asuransi, Proteksi atau Investasi?'.

Donna mengatakan, sebelum membeli produk asuransi jiwa sebaiknya nasabah memahami produk yang akan dibelinya. Nasabah juga perlu dengan seksama membaca isi polis apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan juga apakah sudah sesuai dengan penjelasan dari agen asuransi.

"Membeli polis asuransi sejatinya tidak akan beda dengan barang-barang lainnya yang kita beli, kita harus memahami betul produk asuransi seperti apa yang kita butuhkan dan apakah produk tersebut sudah sesuai dengan yang ditawarkan,” tutur Dona, dikutip dari siaran pers, Minggu (14/11/2021).

Head of Advisor Finansialku, Robby Christy mengatakan bahwa, terdapat perbedaan antara produk asuransi jiwa tradisional dan produk asuransi unit-link. Produk asuransi tradisional adalah produk asuransi murni yang hanya memiliki proteksi, sedangkan produk asuransi unit-link adalah gabungan dari produk asuransi murni yang menambahkan porsi investasi di dalamnya.

"Produk asuransi unit-link adalah produk jangka panjang dan jangan pernah berpikir untuk mencari profit, karena produk investasi di dalam produk tersebut digunakan sebagai biaya asuransi sampai dengan usia tertentu. Terkait dengan pengembangan di dalamnya tentunya juga terdapat risiko investasi yang dapat merugi," jelas Robby.

Robby menambahkan bahwa produk asuransi unit-link memiliki fleksibiltas di mana nasabah dapat memilih jenis investasi apa yang diinginkan. Selain itu, terdapat pembebasan premi (waiver) yang berguna ketika nasabah mengalami risiko, seperti penyakit kritis atau cacat permanen, maka pembayaran asuransi dapat dilanjutkan oleh perusahaan asuransi.

Tak hanya itu, di dalam produk unit-link juga terdapat cuti premi, sehingga nasabah tidak perlu membayar premi namun dipotong dari saldo hasil pengembangan investasi.

Di akhir acara, Donna menyarankan agar memilih produk asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhkan kita dan teliti dalam membaca isi polis asuransi untuk mengetahui manfaat asuransi yang kita terima, cara klaim, besaran premi yang harus dibayarkan serta memperhatikan konteks pengecualian di dalam polis asuransi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper