Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelar Pameran Virtual, BRI Dorong UMKM Indonesia Tembus Pasar Global

Pameran virtual usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) EXPOR(RT) BRILIANPRENEUR 2021 digelar mulai hari ini, 1-16 Desember 2021.
Salah satu kantor Bank BRI/bri.co.id
Salah satu kantor Bank BRI/bri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) kembali menggelar pameran virtual usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) EXPOR(RT) BRILIANPRENEUR 2021 mulai hari ini, 1-16 Desember 2021.

Dalam pameran tersebut, peserta yang berpartisipasi mencapai 500 UMKM yang telah terpilih melalui serangkaian proses kurasi. Selain itu, pameran tersebut juga menjadi ajang bazar virtual terbesar yang selama ini diselenggarakan BRI.

Direktur Utama BRI Sunarso menuturkan bahwa saat ini ekonomi Indonesia dan dunia mulai bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Dengan adanya pameran ini, diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan sektor UMKM sebagai penyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

“Program BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah nyata dan komitmen BRI sebagai agent of development untuk turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia,” kata Sunarso dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/12/2021).

Sunarso mengungkapkan, sebagai bank yang berfokus pada sektor UMKM, BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global dan hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain.

“BRI akan memberikan bimbingan yang berkelanjutan untuk menjangkau pasar yang lebih luas bagi UMKM. Pelatihan ini ditujukan agar pelaku usaha dapat mencapai standar produk internasional,” ujarnya.

Pameran ini akan menghadirkan sensasi pameran nyata di dunia maya sekaligus memberikan pengalaman 3D kepada pengunjung. Selain itu, juga akan menampilkan konsep thematical outdoor yang menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia, yakni Raja Ampat, Borobudur, Toba, Ubud, dan Tanjung Kelayang.

Menariknya, BRI akan menghadirkan 105 potensial buyers dari 30 negara. Di mana, BRI terus membuka akses pasar lokal dan global bagi pelaku UMKM Indonesia melalui sesi kegiatan Business Matching.

Dengan adanya kesempatan tersebut, buyer internasional dan UMKM peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dapat bertemu melakukan transaksi bisnis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.  

Selain itu, nasabah BRI juga dapat menikmati berbagai promo menarik berupa diskon dan cashback hingga 31 Desember 2021. Promo tersebut dapat diperoleh jika melakukan pembelian produk via e-commerce Shopee dan PADI UMKM, serta melakukan pembayaran menggunakan debit dan kartu kredit BRI.

Dalam pameran tersebut turut menampilkan Music Performance, Coaching Clinic, Inspiration Talk, Do It Yourself (Yuk Berkarya), Podcast, dan Business Matching yang berisi pelatihan dan workshop untuk pelaku UMKM. 

Sementara itu, untuk mengunjungi pameran virtual tersebut dapat diakses melalui laman brilianpreneur.com, YouTube BRI, dan platform media sosial BRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Azizah Nur Alfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper