Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Jurus BRI (BBRI) Hadapi Transformasi Digital Perbankan

Dalam proses transformasi digital, BRI (BBRI) mengacu pada tiga framework utama.
Nasabah berada didekat logo bank BRI di Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha
Nasabah berada didekat logo bank BRI di Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menyiapkan tiga kerangka kerja dalam menyambut era digitalisasi di industri perbankan nasional.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Indra Utoyo, menuturkan transformasi digital adalah kunci penting dalam menjawab kebutuhan pasar dan nasabah. Untuk itu, dalam prosesnya, perseroan mengacu pada tiga framework utama.

Pertama, digitalisasi proses bisnis atau digitizing core. Hal ini bertujuan meningkatkan produktivitas dan berfokus pada efisiensi, seiring dengan lahirnya aplikasi super Apps BRImo, BRISpot dan BRILink.

Kedua adalah digital ekosistem. Indra mengatakan BRI menyiapkan platform-platform digital untuk mendorong perseroan masuk ke dalam bisnis ekosistem value chain, sehingga diharapkan mampu menjadi sumber pertumbuhan baru dari sisi CASA, FBI, dan nasabah baru.

Ketiga, new digital propositions. Dalam hal ini, BRI melakukan inovasi teknologi finansial dengan pendekatan digital penuh dan bisnis model baru, dengan tujuan memberikan layanan kepada nasabah lebih cepat, baik, dan efisien.

“Transformasi digital ini kami kembangkan untuk memberikan layanan perbankan hingga ke berbagai wilayah secara Go Smaller, Go Shorter dan Go Faster, sejalan dengan visi utama perseroan untuk menjadi The Most Valuable Banking group in Southeast Asia dan Champion of Financial Inclusion” kata Indra dalam siaran pers, Senin (20/12/2021).

Transformasi digital BRI juga ditopang oleh BRIBRAIN, platform digital berbasis artificial intelligence (AI) dan machine learning yang berfungsi sebagai enabler pekerja BRI dalam memberikan rekomendasi produk atau dalam memitigasi risiko.

Solusi yang diusung oleh BRIBRAIN dipercaya dapat meningkatkan customer engagement dengan memberikan layanan keuangan yang lebih personal kepada nasabah, lebih berkualitas, efisien, serta minim risiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper