Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belanja Tak Terkontrol Bikin Kantong Tipis. Ini 3 Tips Biar Keuangan Pribadi Sehat

Untuk mencapai kesehatan finansial sebagai resolusi tahun 2022, berikut ini Maybank Indonesia merekomendasikan 3 tips sederhana.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 26 Desember 2021  |  11:43 WIB
Belanja Tak Terkontrol Bikin Kantong Tipis. Ini 3 Tips Biar Keuangan Pribadi Sehat
Nasabah beraktivitas di salah satu gerai anjungan tunai mandiri (ATM) Maybank Indonesia, di Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Resolusi finansial menuju cita-cita untuk mandiri dan sejahtera secara finansial tentu menjadi tujuan semua orang.

Di era digital yang serba-instan seperti saat ini, salah satu taktik untuk mengontrol spending habit adalah mengkotak-kotakkan pos keuangan untuk pengelolaan yang lebih mawas.

Melihat hal itu, PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII) menghadirkan solusi tabungan guna mendukung para milenial dan keluarga muda untuk mengelola keuangan sehari-hari sekaligus menabung melalui Maybank Tabungan U dan U iB.

Sebagai informasi, Maybank Tabungan U adalah solusi tabungan 2-in-1 untuk berbagai kebutuhan dan kenyamanan nasabah. Adapun, Maybank Tabungan U tersedia dalam jenis konvensional Tabungan U dan dengan prinsip syariah U iB.

“Kami juga telah merancang solusi tabungan ini dengan sedemikian rupa, sehingga nasabah dapat menyisihkan dana untuk masa depan tanpa mengesampingkan kebutuhan akan lifestyle trendi dan terkini,” ujar Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia, Steffano Ridwan dalam keterangan tertulis, Rabu (22/12/2021).

Untuk mencapai kesehatan finansial sebagai resolusi tahun 2022, berikut ini Maybank Indonesia merekomendasikan 3 tips sederhana:

1. Siapkan strategi untuk lunasi utang dan cicilan

Salah satu penghalang terbesar dalam mencapai kesehatan finansial adalah kondisi hutang dan cicilan. Artinya, Anda harus mengatur strategi yang lebih bijak dalam melunasi utang dan cicilan. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah memperbaiki pengelolaan keuangan dengan membedakan rekening transaksi dan rekening tabungan.

2. Banyak cara menuju kesehatan finansial ideal

Beberapa indikasi kondisi finansial sehat paling umum adalah tidak ada utang, dana darurat berkecukupan, dan perencanaan dana pensiun makmur. Ketiganya tidak hanya dapat dicapai cukup dengan menabung saja, melainkan juga dengan memperhatikan pos-pos pengeluaran kecil, seperti biaya administratif perbankan.

Steffano mengatakan, keuntungan bagi nasabah Maybank Tabungan U dan U iB adalah bebas biaya transaksi tarik tunai di ATM Bank lain hingga 30 kali per bulan dan biaya transfer online ke bank lain hingga 10 kali per bulan melalui M2U ID App.

Selain itu, terdapat bebas biaya administrasi bulanan rekening selama tersedia saldo minimum Rp500 ribu sebelum transaksi yang cukup terjangkau. Nasabah bisa mengalokasikan dana tersebut untuk menabung atau untuk melunasi utang.

3. Jadikan proses menuju finansial sehat sebagai perjalanan yang menyenangkan

Steffano mengungkapkan, ketika perjalanan menuju finansial sehat dijalankan dengan merana, maka akan ada kecenderungan untuk revenge shopping dengan berbelanja lebih boros lagi.

Nasabah Tabungan U atau U iB yang menyukai belanja atau bersantap di restoran-restoran terkemuka, bisa mendapatkan direct discount yang memotong tagihan belanja dan dapat memanfaatkan cashback sebesar 10 persen.

Di mana, cashback 10 persen tersebut akan didapatkan dari setiap transaksi nasabah yang menggunakan kartu debit dan QRIS di seluruh merchants, termasuk juga ketika nasabah melakukan pembayaran tagihan rutin bulanan melalui M2U ID App.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maybank tips keuangan
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top