Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Platform Besutan Bizhare-MDI Ventures Sukses Gelar Pendanaan Perdana

Platform eMerge merupakan hasil kolaborasi fintech securities crowdfunding/SCF PT Investasi Digital Nusantara (Bizhare) dan modal ventura anak usaha Grup Telkom, MDI Ventures.
Ilustrasi skema investasi crowdfunding/Freepik.com
Ilustrasi skema investasi crowdfunding/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Platform urun dana atau crowdfunding terkhusus usaha rintisan (startup) bertajuk eMerge (emerge.mdi.vc) telah merealisasikan pengumpulan pendanaan perdana untuk platform video & live-streaming gamer, GOX.

Sebagai informasi, eMerge merupakan platform hasil kolaborasi fintech securities crowdfunding/SCF PT Investasi Digital Nusantara (Bizhare) dan modal ventura anak usaha Grup Telkom, MDI Ventures. Pengguna yang dibidik berasal dari kalangan sophisticated investor, bahkan angel investor startup.

MDI Ventures bertugas melakukan kurasi, sementara Bizhare mengakomodasi tatap muka dan pengoperasian platform yang memudahkan. Angel investor yang berminat untuk bergabung, bisa mulai berinvestasi dengan minimum pendanaan US$10.000 ke tiap startup.

CEO Bizhare Heinrich Vincent menjelaskan bahwa Angel Network eMerge yang fokus ke pendanaan startup teknologi tahap awal Tanah Air, merupakan inovasi jenis bisnis baru yang ditawarkan melalui skema urun dana Bizhare setelah mengakomodasi penerbitan saham, serta obligasi dan sukuk buat UMKM.

Menurutnya, potensi bisnis startup Indonesia yang luar biasa menjadi dorongan terbesar Bizhare menghadirkan penawaran saham bisnis startup kepada para angel investor.

"Kami melihat potensi ekonomi digital di Indonesia bertumbuh dengan sangat pesat, namun banyak sekali startup di Indonesia yang masih terkendala di sisi pendanaan, terutama di tahap awal," ujar Vincent dalam keterangan resmi, Senin (27/12/2021).

Proyek perdana pendanaan bisnis startup ini merupakan langkah baru yang direalisasikan untuk dapat berkontribusi lebih besar lagi untuk perekonomian bisnis Indonesia.

Vincent berharap langkah ini mendorong semakin banyak lagi bisnis startup inovatif yang dapat berkembang pesat dengan solusi pendanaan urun dana yang mudah.

"MDI Ventures yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam berinvestasi di berbagai bisnis startup teknologi, tentunya dapat menghadirkan startup dengan kualitas terbaik untuk masyarakat" tambahnya.

Sarah Usman Partner Emerge mengungkapkan bahwa pembuatan eMerge telah memenuhi tesis investasi MDI sebagai ekosistem end-to-end ekosistem untuk startup.

"Kami sangat bahagia dapat mempertemukan banyak pakar industri ini dalam jaringan kami," ungkap Sarah.

Adapun, Co-Founder GOX Jack Lontoh mengungkapkan bahwa pasar industri streaming Indonesia terbilang kurang terpenetrasi, dibandingkan pasar yang lebih matang seperti China dan Amerika Serikat, yang masing-masing memiliki 4 juta dan 3 juta streamer.

Mengingat banyaknya jumlah anak muda di Tanah Air, platform streaming game lokal berpotensi mengakomodasi pasar yang masif.

Oleh sebab itu, Jack mengapresiasi eMerge yang dibuka melalui Bizhare dan telah melalui proses kurasi oleh pihak MDI Ventures yang notabene berpengalaman dalam mendanai lebih dari 50 perusahaan yang tersebar di berbagai negara seperti Kredivo, Tanihub, Qoala dan banyak lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper