Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cum Date Rights Issue Allo Bank (BBHI) Hari Ini, Simak Pergerakan Sahamnya

Allo Bank menjadwalkan periode cum date di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 7 Januari 2022, sedangkan di pasar tunai jatuh pada 11 Januari 2022.
Allo Bank/Istimewa
Allo Bank/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Rights issue yang dilakukan PT Allo Bank Indonesia Tbk. telah memasuki tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD (Cum Date) di pasar reguler dan pasar negosiasi, yakni 7 Januari 2022.

Emiten bank dengan sandi BBHI ini menerbitkan HMETD sebanyak 10,04 miliar saham baru dengan nominal Rp100 per saham, sementara harga pelaksanaan rights issue ditetapkan Rp478 per saham. Dari aksi tersebut, perseroan berpotensi meraup dana Rp4,8 triliun.

Berdasarkan data RTI, Jumat (7/1/2022) pukul 10.15 WIB, harga saham BBHI terpantau di level Rp9.750 lembar per saham. Angka ini sama dengan harga penutupan pada perdagangan hari sebelumnya. Sepanjang perdagangan sesi I hari ini, saham BBHI bergerak di rentang Rp9.600-Rp9.875.

Pada penutupan perdagangan sebelumnya, Kamis (6/1), saham BBHI naik 0,52 persen dengan volume saham yang diperdagangkan mencapai 2,5 juta dan nilai turnover Rp24,2 miliar.

Sepanjang satu pekan terakhir, saham perseroan tercatat meningkat sebesar 37,46 persen. Sementara jika ditarik lebih jauh, gerak saham BBHI sepanjang enam bulan terakhir sudah melesar 646,10 persen. Saat ini, kapitalisasi pasar Allo Bank senilai Rp113,62 triliun.

Allo Bank menjadwalkan periode cum date di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 7 Januari 2022, sedangkan di pasar tunai jatuh pada 11 Januari 2022. Artinya, tanggal tersebut menjadi tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD.

Selanjutnya, periode ex right atau tanggal mulai perdagangan saham tanpa HMETD akan berlangsung pada 10 Januari 2022. Adapun periode di pasar tunai dimulai 12 Januari 2022.

Periode pencatatan (recording date) daftar pemegang saham yang berhak atas HMETD Allo Bank akan dimulai pada 11 Januari 2022. Hari berikutnya atau pada 12 Januari akan menjadi periode pendistribusian HMETD kepada pemegang saham yang berhak.

Adapun tanggal 13 Januari 2022 ditetapkan sebagai periode pencatatan HMETD dan saham hasil pelaksanaan HMETD di Bursa Efek Indonesia (BEI), sekaligus menjadi awal periode perdagangan HMETD di BEI.

Dengan demikian, perdagangan rights issue Allo Bank akan berlangsung selama 5 hari kerja sampai dengan 19 Januari 2022. Artinya, HMETD yang tidak dilaksanakan hingga tanggal akhir periode tersebut dinyatakan tidak berlaku lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper