Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bakal Disulap jadi Bank Digital, Ini Prospek Cuan Bank Mayora

BNI berencana mengambilalih Bank Mayora untuk mendukung transaksi digital masyarakat.
Ilustrasi PT Bank Mayora/bankmayora.com
Ilustrasi PT Bank Mayora/bankmayora.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) berencana untuk mengakuisisi 63,92 persen saham di Bank Mayora. Aksi korporasi masih harus menunggu persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa atau RUPSLB yang digelar pada 15 Maret 2022.

Berdasarkan ringkasan rencana akuisisi, bank pelat merah itu menargetkan untuk mendapatkan persetujuan untuk akuisisi dari Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK) pada 22 April 2022 dan menargetkan rencana pengambilalihan Bank Mayora pada 22 Mei 2022.

Dengan demikian, usai aksi pengambilalihan rampung, maka PT Mayora Inti Utama akan menggenggam saham yang tersisa, yakni 36,08 persen.

Sebelumnya, Selasa (19/10/2021), Bloomberg melaporkan bahwa Sea Ltd. akan mengambil bagian dalam transformasi Bank Mayora menjadi bank digital murni.

Analis CGS CIMB Niaga Sekuritas Yulinda Hartanto dan Ilham Firdaus berharap, hal tersebut terwujud dalam fase kesepakatan berikutnya, di mana keduanya bisa melihat pihak lain terlibat.

Analis menyatakan, aksi korporasi ini baik untuk semua pihak yang terlibat. Di mana, BNI dapat memanfaatkan segmen baru UKM dan ekosistem online yang kurang terlayani. Sedangkan, Sea Ltd. dapat memanfaatkan kehadiran offline BNI dan brand yang kuat untuk mendapatkan kepercayaan nasabah.

“Untuk grup Mayora, masuknya partai baru dapat membantu meningkatkan tingkat ekuitas Bank Mayora menjadi setidaknya Rp3 triliun [dari Rp1 triliun sekarang]. Menurut kami, perombakan bank digital Bank Mayora dapat meningkatkan profitabilitasnya,” tulisnya dalam riset yang diterbitkan pada Senin (24/1/2022).

Seperti diketahui, emiten bersandi saham BBNI berencana mengambilalih Bank Mayora untuk mendukung transaksi digital masyarakat dan juga sejalan dengan transformasi perseroan untuk membentuk suatu bank digital melalui strategi anorganik, yaitu pengambilalihan Bank Mayora, yang selanjutnya akan ditransformasikan menjadi bank digital.

“Bank Mayora akan menghadirkan solusi digital berbasis ekosistem, khususnya untuk membantu UKM dalam mengakomodir kebutuhan layanan perbankan dan bisnis UKM,” tulis perseroan dalam ringkasan rencana pengambilalihan.

Belum diketahui berapa nilai yang dibayarkan BBNI untuk akuisisi tersebut, yang jelas, rencana pengambilalihan Bank Mayora oleh BNI akan didanai melalui pendanaan internal BNI dari dana yang tersimpan sebagai laba ditahan (retained earnings) atau kekayaan BNI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper