Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Arsitag, BTN (BBTN) Matangkan Super Apps Properti

Direktur Operation, IT and Digital Banking BTN (BBTN) Andi Nirwoto menjelaskan kerja sama dengan Arsitag menjadi upaya penting bagi ekosistem perumahan yang ada di BTN. Pasalnya, di dalam platform Arsitag, ada sekitar 6.500 profesional yang terdiri dari berbagai bidang. 
Pengunjung mencari informasi di stan BTN pada pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). /Bisnis-Himawan L Nugraha
Pengunjung mencari informasi di stan BTN pada pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). /Bisnis-Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BBTN menjalin kerja sama dengan Arsitag, marketplace jasa layanan profesional arsitektur hingga kontraktor. Kolaborasi ini dilakukan BTN untuk mengembangkan layanan ekosistem perumahan digital. 

Direktur Operation, IT and Digital Banking BTN, Andi Nirwoto mengatakan bahwa kerja sama dengan berbagai perusahaan rintisan alias startup menjadi salah satu upaya perseroan untuk mewujudkan visi one stop digital housing service bagi masyarakat.

 “Di tahap ini BTN akan memanjakan konsumennya dalam menemukan jasa profesional dalam hal arsitektur, desainer interior, maupun kontraktor yang tepat melalui platform digital mortgage yang dimiliki Bank BTN,” ujarnya, Rabu (16/2/2022). 

Andi menjelaskan kerja sama dengan Arsitag menjadi upaya penting bagi ekosistem perumahan yang ada di BTN. Pasalnya, di dalam platform Arsitag, ada sekitar 6.500 profesional yang terdiri dari berbagai bidang. 

Dengan kerja sama ini, para pengunjung dan pengguna BTN Properti atau digital mortgage ecosystem tidak hanya dapat mencari listing properti dan mengajukan pinjaman secara digital. Namun, bisa juga mencari layanan renovasi dan desain properti lewat platform digital. 

“Pengguna BTN Properti tidak perlu lagi mencari cari layanan jasa renovasi, arsitektur dan desain interior secara manual, namun semuanya dapat terpenuhi melalui platform digital mortgage ecosystem milik Bank BTN,” kata Andi. 

Dia optimistis dengan kemudahan layanan yang diberikan, pengguna platform digital mortgage BTN akan terus bertambah tahun ini. Pada 2021, platform digital perseroan telah mencapai 5,5 juta pengguna dan lebih dari 3.000 developer yang tergabung.  

Sementara itu, Direktur Utama Arsitag, Steven Gomedi, mengatakan kerja sama ini diyakini memberi kenyamanan pada nasabah. Sinergi ini juga dinilai dapat memenuhi kebutuhan fundamental desain, renovasi maupun bangun bagi nasabah dan debitur BTN. 

Untuk mencapai visi sebagai one stop digital housing services, BTN sejauh ini telah meluncurkan revamp desain aplikasi BTN Properti, menjalin kerja sama dengan Pinhome terkait operasional dan pemasaran, serta peluncuran Aplikasi BTN Smart Residence. 

Di sisi lain, BTN saat ini sedang mengembangkan aplikasi untuk manajemen platform properti, yang tengah diuji coba secara internal. Jika tidak ada halangan, aplikasi tersebut akan meluncur tahun ini. 

Andi menuturkan kekuatan digitalisasi perbankan ada tiga, yaitu SDM, ekosistem dan teknologi. BTN akan mengombinasikan tiga pilar itu dan membangun ekosistem bernama More Gets. Ekosistem tersebut akan menghubungkan konsumen dengan ribuan pengembang.  

Dengan super aplikasi yang sedang dikembangkan, para nasabah bisa melakukan transaksi untuk membeli rumah, rumah bekas, hingga renovasi rumah. Aplikasi ini nantinya juga memiliki beragam fitur mulai dari pembayaran, pembelian, hingga investasi.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper