Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Berkelanjutan BRI (BBRI) Tahun 2021 Tembus Rp614,2 Triliun

Sepanjang 2021, portofolio kredit berkelanjutan atau sustainable loan BRI mencapai Rp614,2 triliun, berkontribusi 65,1 persen dari total kredit perseroan.
Salah satu kantor Bank BRI/bri.co.id
Salah satu kantor Bank BRI/bri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. berkomitmen terus mendorong inisiatif berbasis environmental, social, and governance (ESG). Ini tercermin dari realisasi kredit berkelanjutan pada 2021 serta penerbitan sustainability bond perseroan. 

Sepanjang 2021, portofolio kredit berkelanjutan atau sustainable loan BRI mencapai Rp614,2 triliun, berkontribusi 65,1 persen dari total kredit perseroan pada tahun lalu, Rp943,7 triliun. Dari nilai itu, Rp70,8 triliun mengalir ke pembiayaan hijau dan Rp534,4 triliun ke pembiayaan sosial.

Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto mengatakan bahwa terkait inisiatif ESG, BRI telah mengimplementasikannya ke sisi aset, liabilitas, operasional, dan human capital.

Secara rinci, sisi aset mencakup kredit berkelanjutan dan sustainable bond investment. Sementara dari sisi liabilitas terdiri atas penerbitan obligasi berkelanjutan, sementara operasional dan sumber daya manusia mencakup emisi karbon hingga operasi digital.

Menurut Solichin, peluang instrumen keuangan keberlanjutan dan obligasi berkelanjutan memiliki peluang besar dalam pengembangannya, baik di pasar domestik maupun global. Namun, dalam hal ini, perseroan memiliki sejumlah tantangan.

“Peluang instrumen sustainability finance dan sustainability bond itu besar sekali bagi domestik maupun global, Namun, tantangan pasti ada. Dari sisi internal kami ada tiga butir, yakni manusia, proses, dan sistem,” ujarnya dalam Side Event G20 Indonesia, Jumat (18/2/2022).

Sebagai catatan, terkait dengan penerbitan obligasi berkelanjutan, BRI pada 2019 telah menerbitkan global sustainability bond sebesar US$500 juta sebagai alternatif sumber pendanaan untuk ekspansi kredit, khususnya segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Obligasi dalam denominasi dolar Amerika Serikat ini memiliki tenor 5 tahun dengan kupon sebesar 3,95 persen per tahun. Kupon dibayar dua kali satu tahun (semi-annual).  Penerbitan obligasi berkelanjutan ini telah memenuhi standard Sustainability Bond ASEAN. 

Sementara itu, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan bahwa keberlanjutan bisnis berdasarkan ESG atau sustainable finance menjadi salah satu perhatian utama investor untuk berinvestasi di korporasi besar, termasuk di perseroan pada saat ini.

Dia menyatakan bahwa ESG menjadi komitmen perseroan dalam strategi transformasi BRI yang saat ini terus berlanjut. Berlandaskan cetak biru BRIVolution 2.0, Sunarso menyebut komitmen BRI dalam meningkatkan prinsip ESG terus dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper