Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri (BMRI) Catat Kredit UMKM Naik 17 Persen di Januari 2022

Bank Mandiri (BMRI) mencatat penyaluran kredit UMKM terus membaik yang tercermin dari pertumbuhannya mencapai 17,83 persen pada Januari 2022.
Pegawai beraktivitas di salah satu cabang digital Bank Mandiri di Jakarta, Kamis (23/12/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Pegawai beraktivitas di salah satu cabang digital Bank Mandiri di Jakarta, Kamis (23/12/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) optimistis kredit yang disalurkan kepada UMKM akan terus membaik pada tahun ini. Kredit yang telah disalurkan sebesar Rp103,93 triliun pada Januari 2022 atau tumbuh 17,83 persen secara tahunan (yoy).

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan perseroan memproyeksi pertumbuhan di segmen UMKM akan terus membaik sejalan dengan momentum pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Adapun, dalam upaya mendorong UMKM, Bank Mandiri telah menyiapkan beberapa strategi antara lain, memperluas jangkauan layanan kredit UMKM melalui jaringan cabang, e-channel dan mandiri agen serta perbaikan proses bisnis.

“Kami juga telah mendorong bisnis UMKM secara non organik melalui berbagai kerja sama dengan perusahaan anak, e-commerce, maupun financial technology,” kata Rudi kepada Bisnis, Jumat (25/2).

Tidak hanya itu, sambungnya, Mandiri juga secara aktif menyelenggarakan program edukasi bagi masyarakat untuk menunjang kebutuhan pengembangan bisnis UMKM di dalam negeri.

Dia mengatakan sebagai agent of development, Mandiri berkomitmen untuk terus mendorong pembiayaan ke sektor UMKM. Adapun, hingga akhir Januari 2022 total penyaluran kredit Bank Mandiri ke segmen UMKM telah mencapai Rp 103,93 triliun secara bank only.

“Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 17,83 persen bila dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” kata Rudi.

Sebelumnya, Laporan Bank Indonesia mengungkapkan, perbankan berlomba menyalurkan kredit kepada skala usaha mikro. Tercatat sepanjang pada Januari 2022, kredit untuk skala mikro mencapai Rp374,6 triliun, melesat 73,2 persen yoy. Lebih tinggi dibandingkan dengan Desember 2021 yakni 61,9 persen yoy.

Pertumbuhan juga terjadi pada segmen kredit untuk skala kecil. Total kredit untuk skala kecil yang disalurkan perbankan pada Januari 2022 sebesar Rp429,6 triliun, naik 6,3 persen secara tahunan, melambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 28,5 persen yoy.

Adapun kredit untuk skala menengah mengalami penurunan 25,2 persen yoy, menjadi 336,4 triliun pada Januari 2022. Pada Desember 2021 sebesar Rp 343,7 triliun, turun 24,4 persen.

Sementara itu dalam acara BRI Microfinance Outlook 2022, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menargetkan penyaluran kredit untuk pelaku UMKM sebesar Rp1.800 triliun, atau sekitar 30 persen dari total penyaluran kredit perbankan pada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper