Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembiayaan Sepeda Motor Baru dan Multiguna Dongkrak Kinerja FIF

Lini bisnis pembiayaan multiguna dan sepeda motor baru, berhasil topang kinerja PT Federal International Finance (FIF).
Pekerja beraktifitas di dekat logo FIF Group, Jakarta, Sabtu (29/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pekerja beraktifitas di dekat logo FIF Group, Jakarta, Sabtu (29/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Federal International Finance (FIF) mencatatkan pertumbuhan pada lini bisnis pembiayaan sepeda motor baru dan pembiayaan multiguna sepanjang 2021.

Kinerja lini bisnis FIFASTRA yang merupakan jasa pembiayaan sepeda motor baru Honda, secara amount finance (AF), nilai pembiayaan pada 2021 mencapai Rp21,2 triliun atau meningkat 10 persen dibandingkan 2020 yang hanya mencapai Rp19,29 triliun.

Pencapaian tersebut membuat FIFASTRA menjadi kontributor utama terhadap keseluruhan nilai pembiayaan FIF dibanding lini bisnis lainnya dengan persentase kontribusi sebesar 66,6 persen.

"Selama tahun 2021, pertumbuhan pesat terjadi pada lini bisnis FIFASTRA dan DANASTRA. Hal ini disebabkan, pada tahun 2021 terjadi peningkatan permintaan sepeda motor mengacu kepada data yang disampaikan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) bahwa pada tahun 2021 terjadi pertumbuhan 38 persen pada penjualan sepeda motor," ujar Presiden Direktur FIF Margono Tanuwijaya melalui siaran persnya, Senin (28/2/2022).

Dari sisi jumlah unit, lini bisnis FIFASTRA melakukan pembiayaan sepeda motor baru Honda sebanyak 1,23 juta unit pada 2021 atau naik sebesar 13,5 persen dibandingkan 2020 yang hanya mencapai 1,08 juta unit.

Sementara itu, pertumbuhan juga terjadi pada lini bisnis DANASTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiguna. Nilai pembiayaan yang berhasil dicapai untuk lini bisnis DANASTRA sepanjang 2021 adalah sebesar Rp9,84 triliun, naik sebesar 3,5 persen dibandingkan 2020, yang hanya mencapai Rp9,51 triliun. Secara unit, DANASTRA melakukan pembiayaan kepada 1,28 juta unit atau turun 1,5 persen dibanding tahun 2020, yang mencapai 1,30 juta unit.

"Permintaan jasa pembiayaan multiguna juga mengalami peningkatan permintaan dikala pandemi Covid-19 yang berdampak kepada perekonomian masyarakat. Berbanding terbalik dengan permintaan multiproduk, seperti alat elektronik, gadget, dan perabotan rumah tangga yang masih memiliki pasar yang lesu dan juga pada permintaan haji dan umrah yang masih terbatas akibat pandemi Covid-19," kata Margono.

Ada empat lini bisnis utama yang dijalankan oleh perusahaan. Keempat lini bisnis tersebut adalah FIFASTRA yang merupakan jasa pembiayaan sepeda motor baru Honda, DANASTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiguna, SPEKTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiproduk, dan AMITRA yang merupakan jasa pembiayaan syariah PT FIF.

Secara keseluruhan realisasi pembiayaan yang disalurkan oleh FIF secara amount finance di 2021 mencapai Rp31,83 triliun. Angka tersebut naik sebesar 5,7 persen jika dibanding pencapaian di 2020 yang senilai Rp 30,11 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper