Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank BJB (BJBR) Bakal Luncurkan Super Apps pada Mei 2022

Bank BJB (BJBR) bakal menyediakan layanan buka rekening hingga pinjaman digital dalam super apps.
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk/Bisnis.com
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR) atau Bank BJB akan merilis super apps pada Mei 2022. Peluncuran tersebut bersamaan dengan ulang tahun perseroan. 

Direktur Information Technology, Treasury & International Banking Rio Lanasier mengatakan saat ini super apps besutan BJB dalam tahap beta test atau sudah memasuki tes terakhir secara teknis.

“Kemungkinan kita akan rilis di bulan Mei bersamaan dengan ulang tahun Bank BJB. Karena biasanya bank-bank lain pun selalu mencari milestone pada saat mau menerbitkan fitur-fitur barunya,” ujar Rio dalam Media Gathering secara virtual, Selasa (1/3/2022).

Rio mengungkapkan tujuan super apps tersebut yakni untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan perbankan. Melalui aplikasi ini, Bank BJB tak hanya membidik nasabah yang sudah ada, melainkan yang belum menjadi nasabah juga akan mendapatkan kemudahan dalam hal onboarding ke perbankan.

“Artinya, bisa membuka rekening atau mengajukan aplikasi pinjaman baik dari sisi konsumen maupun dari sisi usaha menengah dan kecil. Jadi itu yang akan ada di dalam super apps,” jelasnya.

Selain memberikan kemudahan melakukan kegiatan perbankan, super apps Bank BJB juga memberikan user experience yang memudahkan kebiasaan masyarakat dalam melakukan kegiatan perbankan.

“Karena tiap orang pasti beda. Itu [super apps] akan berdasarkan AI, sehingga fitur nasabah nantinya yang muncul di dalam digi masing-masing berbeda-beda,” imbuhnya.

Dengan demikian, siuper apps yang dikembangkan Bank BJB bertujuan untuk memudahkan masyarakat atau nasabah menggunakan layanan perbankan yang ditawarkan oleh pengembang.

Di samping itu, lanjut Rio, sejauh ini Bank BJB menganggarkan belanja modal secara berkesinambungan sebesar Rp500 miliar, dari semula Rp1 triliun.

“Itu multi year, karena yang namanya digitalisasi tidak mungkin hanya di satu tahun satu titik. Tapi juga lihat sampai 2025 kita sudah menyiapkan capex, sisa tinggal 500 miliar dari sebelumnya Rp1 triliun,” tuturnya.

Adapun, target yang dibidik Bank BJB untuk mengembangkan super apps tak lain adalah perseroan akan memperkuat ekosistem, terutama adalah ekosistem Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai konsumen sektornya.

Selain itu, milenial juga dibidik lantaran Bank BJB sudah mempunyai digiCash, yakni aplikasi perbankan yang tidak harus menjadikan milenial nasabah, mereka sudah bisa menggunakan layanan ini dengan syarat nomor KTP dan telepon.

Super apps tersebut juga dibuat untuk mendorong penggunaan QRIS merchant. Sekadar informasi, per Oktober 2021, QRIS merchant BJB sudah mencapai 404.074, atau tumbuh 7.342,9 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari periode yang sama pada 2020 sebesar 5.429.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper