Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank DKI Catat Transaksi JakCard Tumbuh 40 Persen pada 2021

Transaksi JakCard mengalami pertumbuhan sebesar 40,20 persen menjadi 2,14 juta transaksi pada 2021.
Warga melintas di depan ATM Gallery Bank DKI di Jakarta, Senin (8/6/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga melintas di depan ATM Gallery Bank DKI di Jakarta, Senin (8/6/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank DKI mencatat adanya peningkatan jumlah transaksi untuk produk perbankan digitalyaitu transaksi JakCard yang mengalami pertumbuhan sebesar 40,20 persen dari 1,52 juta transaksi pada 2020 menjadi 2,14 juta transaksi pada 2021.

Sekadar informasi, JakCard dapat dipergunakan secara luas sebagai e-ticket berbagai moda transportasi layanan publik seperti TransJakarta, Mikro Trans, Angkot JakLingko, MRT Jakarta, LRT, hingga kereta bandara/Railink. 

Selain itu, JakCard juga menjadi alat pembayaran utama di berbagai Kawasan Wisata yang dimiliki Pemprov. DKI Jakarta seperti Taman Margasatwa Ragunan, Monas, Planetarium, Ancol, dan berbagai museum.

Di samping itu, per Januari 2022, Bank DKI telah memiliki lebih dari 17.000 merchant yang telah bergabung dengan layanan QRIS JakOne Mobile Bank DKI. Lebih lanjut, jumlah pengguna mencapai 1,6 juta pengguna serta jumlah transaksi yang mencapai 18,38 juta transaksi pada 2021 atau meningkat 38,51 persen dari sebelumnya 13,27 juta transaksi pada 2020.

Pencapaian ini, menunjukan tren digitalisasi transaksi ekonomi dan keuangan digital yang semakin meningkat,” kata Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (3/3/2022). 

Teranyar, atas kolaborasi dengan Jakarta Smart City, Bank DKI kini menghadirkan fitur uang elektronik JakOne Pay di aplikasi JAKI.

Amirul menjelaskan dengan integrasi tersebut, maka pengguna aplikasi Jaki yang sudah mengunduh aplikasi JakOne Mobile Bank DKI dapat melakukan transaksi scan to pay pada lebih dari 13 juta merchant yang telah terhubung dengan QRIS.

Selain mengintegrasikan JakOne Pay pada aplikasiBank DKI juga terus melakukan pengembangan produk dan layanan termasuk di antaranya menghadirkan JakOne Community Apps yang merupakan layanan perbankan digital untuk mendorong penerapan inklusi keuangan serta melalui pengembangan produk dan layanan digital.

AdapunJakOne Community Apps terdiri dari JakOne Mobile, JakOne Abank, JakOne Erte, JakOne Artri, Ancol Apps hingga Si Ondel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper