Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bantu Ekspor & Impor, BNI (BBNI) Catat 200.000 Diaspora di AS

BNI berperan penting dalam membantu kegiatan ekspor dan impor produk UMKM milik diaspora Indonesia yang kurang lebih mencapai 200.000 orang di AS.
Gedung BNI/Istimewa
Gedung BNI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) mendukung hubungan dagang antara pelaku usaha Indonesia dengan Amerika Serikat (AS), yakni dengan program BNI Xpora yang membantu berbagai produk Usaha Kecil, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani mengatakan, BNI juga berperan penting dalam membantu kegiatan ekspor dan impor produk UMKM milik diaspora Indonesia yang kurang lebih mencapai 200.000 orang di AS.

“Program BNI tidak hanya memberikan fasilitas perbankan, tetapi yang penting juga memberikan program edukasi finansial kepada para diaspora untuk melakukan kegiatan ekspor impor. Semua fasilitas perbankan itu diberikan oleh Bank BNI secara masif, karena BNI juga mempunyai cabang di banyak negara,” ujar Rosan dalam keterangan tertulis, Rabu (4/5/2022).

Rosan mengungkapkan bahwa diaspora membutuhkan pembiayaan yang cepat, tepat, dan mengerti dunia usaha dari para pengusaha, dan juga regulasi serta kompetisi yang ada di Amerika Serikat.

BNI sangat proaktif dalam menjemput bola yang ada di antara diaspora ini,” sambungnya.

Adapun, strategi jitu untuk mendorong promosi bisnis UMKM Indonesia di AS, yakni melalui digitalisasi. Rosan menyampaikan bahwa dari hampir 60 juta UMKM, baru 9 juta saja yang tersentuh oleh digitalisasi.

Rosan berharap, dengan adanya digitalisasi melalui BNI Xpora termasuk dengan pihak perbankan dan banyak pihak bisa membantu UMKM untuk dapat lebih berkiprah di sisi ekspor.

“Kita juga memberikan market intelligence atau masukan mengenai keadaaan market yang ada di US, tren, dan ekspektasinya seperti apa, sehingga itu bisa disesuaikan dengan produk-produk UMKM kita lebih diterima dan masuk di pasar Amerika ini,” tuturnya.

Sementara itu, General Manager BNI New York, Aidil Azhar mengungkapkan, tidak hanya mendorong bisnis UMKM untuk bisa go internasional, BNI juga berkomitmen memberikan segudang solusi keuangan kepada nasabah diaspora Indonesia di AS.

“Solusi tersebut salah satunya adalah berupa pinjaman baik untuk modal kerja maupun untuk pembelian peralatan, kendaraan, tempat usaha dan lain sebagainya. Dalam dunia perbankan, bantuan ini dikategorikan sebagai pinjaman modal kerja dan pinjaman investasi,”

Di samping itu, lanjut Aidil, pelaku usaha diaspora Indonesia yang biasanya melakukan transaksi perdagangan impor atau ekspor, BNI New York juga memberikan layanan trade finance, jadi misalnya dengan pemberian pembukaan Letter of Credit (LC), advising LC, LC discounting, serta foreign exchange.

Aidil menilai transaksi keuangan diaspora yang selama ini sudah ditangani BNI New York memiliki tren yang baik. Terlebih, lanjutnya, dalam beberapa tahun terakhir pemerintah Indonesia memberikan perhatian yang cukup tinggi terhadap pelaku UMKM, baik yang Indonesia maupun yang ada di luar negeri, khususnya di AS.

“Kita banyak memberikan pinjaman ataupun solusi keuangan kepada mereka, terutama yang golongan UMKM. Kita melihat semakin banyak diaspora Indonesia di Amerika Serikat yang memang ingin berwiraswasta dan mengembangkan bisnisnya di sini,” tutur Aidil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper