Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasarkan Pinjaman Online Bunga Murah, BRI (BBRI) Incar Rp1 Triliun

BRI menargetkan penyaluran BRIguna Digital hingga Rp1 triliun hingga akhir 2021.
Ilustrasi karyawati PT Bank Rakyat Indonesia Tbk memperlihatkan aplikasi BRI di ponselnya beberapa waktu lalu./Bisnis-Dedi Gunawan
Ilustrasi karyawati PT Bank Rakyat Indonesia Tbk memperlihatkan aplikasi BRI di ponselnya beberapa waktu lalu./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menargetkan penyaluran BRIguna Digital hingga Rp1 triliun pada 2022 ini.

BRIguna Digital adalah layanan pinjaman secara online melalui aplikasi BRImo. Pinjaman online ini dikhususkan untuk nasabah yang memiliki penghasilan tetap yang berprofesi sebagai karyawan atau pegawai. BRIguna Digital memberikan kemudahan dalam proses pengajuan kredit yang hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Dengan  menyasar karyawan, maka bisnis ini menyasar pembayaran yang berasal dari penghasilan tetap atau fixed income (gaji) yang diterima rutin setiap bulan melalui BRI.

Executive Vice President Consumer Lending, Sales, and Development Division BRI Handaru Sakti mengatakan untuk saat ini, BRIguna Digital digunakan oleh aparatur sipil negara (ASN). Nantinya, BRIguna Digital diperluas untuk pegawai BUMN, instansi pemerintah, hingga pegawai swasta. 

“Ada target untuk tahun ini karena ini masih launching, antara Rp750 miliar-Rp1 triliun untuk pencairan, mudah-mudahan bisa lebih,” kata kata Handaru di depan awak media di BRILiaN Center, Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Sementara mengenani bunga yang ditawarkan BRIguna Digital sangat murah dibandingkan dengan perbankan lainnya, mengingat perseroan merupakan bank BUMN untuk kategori produk serupa. Bunga yang dikenakan mulai dari 1 persen per bulan atau maksimal setara 13 persen per tahun. Adapun tenor yang tersedia mulai 6 bulan sampai 15 tahun. 

 “Kami prioritaskan seluruh nasabah pekerja atau pegawai tetap yang ber-payroll di BRI. Saat ini tahap launching ini baru ASN, nanti selanjutnya semua baik BUMN, instansi pemerintah, atau swasta,” imbuhnya.

Handaru berharap akselerasi BRIguna Digital dapat membantu masyarakat, khususnya ASN, yang membutuhkan.

“Agar tidak terjebak pada fasilitas pinjaman ilegal, karena BRI dalam memberikan kebutuhan kita sesuaikan dengan kemampuan, kita selalu memberikan edukasi jangan sampai terjerat utang,” tegasnya. 

Cara Mengajukan KTA BRIguna Digital dari BBRI

Dengan BRIguna Digital, nantinya masyarakat tak perlu lagi mengajukan pinjaman ke kantor, melainkan bisa melalui BRIguna Digital yang terdapat di BRImo versi 2.20. Selain itu, masyarakat hanya perlu mengisi data yang dibutuhkan dengan proses pengajuan hanya membutuhkan 15 menit.

“Dengan adanya fasilitas BRIguna Digital yang bisa diakses di BRImob ini akan memudahkan seluruh nasabah. Nasabah bisa mengajukan BRIguna kapan saja, di mana saja, dan jumlahnya juga sudah kita tentukan maksimalnya,” kata Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani dalam acara Launching BRIguna Digital #BeraniWujudkanMimpi di Ruang Auditorium Brilian Center, Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Adapun cara untuk mengajukan pinjaman di BRIguna Digital antara lain, calon nasabah terlebih dahulu harus memiliki akun dan telah terdaftar dalam aplikasi BRImo minimal versi 2.20. Selanjutnya, pilih menu “lainnya”, kemudian melalui Produk BRI pilih “Briguna”.

Handayani menyatakan dalam pengajuan kredit ini, persyaratan yang dibutuhkan antara lain, e-KTP, rekening gaji BRI, akses BRImo, serta face compare. Selain itu, Handaru menambahkan tidak memiliki catatan negatif dari perbankan maupun lembaga keuangan lain juga merupakan salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman di BRIguna BRI.

“Kami berharap bahwa BRI terus memberikan kemudahan bagi seluruh nasabahnya dan akan selalu memberi makna untuk Indonesia,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper