Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shopee PHK Karyawan, Ini Kebijakan untuk Spaylater & ShopeeFood di Indonesia

Manajemen induk Shopee mengumumkan akan melakukan PHK untuk sejumlah regional bisnis mereka.
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee. Dalam pengumuman terbarunya Shopee akan melakukan PHK Karyawan/India Times
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee. Dalam pengumuman terbarunya Shopee akan melakukan PHK Karyawan/India Times

Bisnis.com, JAKARTA - Kebijakan global Shopee untuk melakukan PHK karyawan diklaim tidak berlaku untuk bisnis di Indonesia. 

Handhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia menjelaskan bahwa pangsa pasar Indonesia akan menjadi prioritas. Shopee Indonesia juga tidak mengambil kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan, termasuk untuk lini bisnis ShopeePay dan ShopeeFood.

"Shopee Indonesia terus menunjukkan performa yang baik dan Indonesia tetap menjadi pasar prioritas, di mana kami terus mengembangkan bisnis kami untuk membantu lebih banyak UMKM dan pengguna di Indonesia merasakan manfaat pertumbuhan ekonomi digital," ujarnya ketika dikonfirmasi Bisnis, Rabu (15/6/2022).

Handhika menjelaskan bahwa di Indonesia, Shopee mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan dalam berbagai lini bisnis, termasuk ShopeePay dan ShopeeFood.

"Bahkan, lebih dari 50 persen bergabung sejak dimulainya pandemi Covid-19. Kami juga terus merekrut talenta-talenta terbaik untuk mengembangkan tim kami. Shopee Indonesia juga masih aktif merekrut talenta-talenta digital," tambahnya.

Shopee mengaku masih akan merekrut talenta digitalnya melalui program Sea Labs Indonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2022 lalu. Program ini berfokus membangun tim yang terdiri dari 1.000 talenta digital Indonesia khususnya dalam keahlian engineer dan product manager. Langkah yang diyakini meningkatkan kontribusi perusahaan melalui teknologi.

Selama periode 6 bulan terakhir, Shopee Indonesia juga tengah menghadirkan berbagai inisiatif untuk memajukan UMKM di Indonesia, termasuk Kampus UMKM Shopee yang hadir di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang telah melatih puluhan ribu UMKM lokal keterampilan bisnis digital.

Selain itu program Java in Paris yang membawa ribuan produk UMKM lokal di Shopee tembus kurasi dan bisa dijual di Paris. Oleh sebab itu, Handhika menegaskan bahwa misi Shopee di Indonesia tetap sama, yakni mewujudkan kehidupan yang lebih baik lewat layanan teknologi.

Sebelumnya, mengutip Tech in Asia, manajemen Shopee menyebutkan akan melakukan PHK di lini bisnis ShopeeFood dan ShopeePay. Sebagai informasi, perusahaan e-commerce yang berbasis di Singapura ini tercatat memiliki wilayah bisnis di Asia Tenggara, Taiwan, Brasil, Meksiko, Chili, dan Kolombia. 

Adapun keputusan tersebut telah diumumkan kepada karyawan dalam pertemuan yang dipimpin oleh seorang eksekutif dari Sea Group, perusahaan induk Shopee. Akan tetapi, eksekutif tidak menjelaskan alasannya.

Staf Shopee diberitahu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email yang berisi nama-nama karyawan yang terkena dampak. Adapun hal ini terjadi hanya beberapa bulan setelah tersiar kabar keputusan Shopee untuk menutup operasinya di India, memberhentikan lebih dari 300 pekerja di negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper