Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan berkomunikasi didekat logo beberapa perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Jakarta, Selasa (15/1 - 2020). Bisnis / Nurul Hidayat
Lihat Foto
Premium

Cuan Sinarmas MSIG Life (LIFE) Terbang vs. Laju Industri Asurasi Jiwa

Meredanya pandemi mendatangnya lonjakan cuan bagi MSIG Life (LIFE), meski di tengah penurunan pendapatan premi dan perlambatan industri asuransi jiwa.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com
23 Juni 2022 | 10:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (LIFE) menuai tuah dari meredanya pandemi yang mendorong cuan. Namun, lonjakan laba pada awal tahun ini menjadi kontras dengan pendapatan perseroan yang menukik dan perlambatan industri asuransi jiwa.

Meski pendapatan premi bruto turun, klaim yang rendah menerbangkan laba. Berdasarkan laporan keuangan per 31 Maret 2022, perseroan berhasil membukukan laba bersih senilai Rp132,11 miliar. Perolehan ini mengalami kenaikan 62,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai Rp81,16 miliar.

Adapun, pendapatan premi bruto perusahaan patungan antara Mitsui Sumitomo Insurance Co. Ltd. dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk. (SMMA) ini terkoreksi tajam sebesar 61,5 persen secara year-on-year (yoy) menjadi Rp481,25 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp1,25 triliun.

Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life Wianto Chen menilai peningkatan laba yang signifikan tersebut seiring membaiknya kondisi pandemi Covid-19. Dampak pandemi yang sempat menekan laba perseroan pada 2021 sudah berbalik kondisinya pada awal tahun ini.

Sepanjang 2021 laba bersih perseroan memang tercatat turun tajam sebesar 77,6 persen yoy menjadi Rp74 miliar.

"Di 2022 ini, seiring pandemi settle down, klaim kembali ke normal. Jadi kami mulai kembali normal, sehingga laba kelihatan naik tinggi," kata Wianto dalam Public Expose Sinarmas MSIG Life secara daring, Rabu (22/6/2022).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top