Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alert! Credit Suisse Dikabarkan PHK 5.000 Karyawan

Credit Suisse tengah mempertimbangkan untuk memangkas atau melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 5.000 karyawan
Credit Suisse dikabarkan akan melakukan PHK bagi 5.000 pekerja
Credit Suisse dikabarkan akan melakukan PHK bagi 5.000 pekerja

Bisnis.com, JAKARTA – Bank terbesar kedua di Swiss, Credit Suisse tengah mempertimbangkan untuk memangkas atau melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 5.000 karyawan sebagai bagian dari rencana restrukturisasi untuk memperkuat poros bank dan meningkatkan manajemen kekayaan.

Melansir dari The Guardian, Sabtu (3/9/2022), spekulasi tentang PHK besar-besaran telah berputar-putar sejak Credit Suisse secara tak terduga menggantikan kepala eksekutifnya Thomas Gottstein pada Juli, setelah masa jabatan dua tahun yang penuh gejolak dilanda kerugian finansial, kontroversi, dan tuntutan hukum tingkat tinggi.

Bos baru grup perbankan Swiss Ulrich Körner telah ditugaskan untuk mempelopori perombakan bank, yang akan melibatkan pengurangan bank investasi dan pemotongan biaya lebih dari US$1 miliar.

 “Kami telah mengatakan bahwa kami akan memperbarui kemajuan tinjauan strategi komprehensif kami ketika kami mengumumkan pendapatan kuartal ketiga kami, setiap pelaporan tentang hasil potensial sebelum itu sepenuhnya spekulatif,” kata Credit Suisse pada Sabtu (3/9/2022).

 The Guardian menyampaikan bahwa rencana restrukturisasi pemberi pinjaman adalah bagian dari upaya untuk menarik garis di bawah serangkaian skandal yang terutama melibatkan bank investasinya, yang telah terlibat dalam runtuhnya pemberi pinjaman kontroversial Greensill Capital dan dana lindung nilai AS Archegos Capital pada 2021.

Pemberi pinjaman juga mengakui tahun lalu telah menipu investor sebagai bagian dari skandal pinjaman "obligasi tuna" Mozambik, yang mengakibatkan denda senilai lebih dari 350 juta pound.

Namun, divisi manajemen kekayaan bank juga mendapat tekanan pada Februari tahun ini setelah publikasi investigasi rahasia Suisse, yang dilakukan oleh konsorsium jurnalis termasuk Guardian, yang mengungkap kekayaan tersembunyi klien di bank yang terlibat dalam penyiksaan, perdagangan narkoba, pencucian uang, korupsi, dan kejahatan serius lainnya selama beberapa dekade.

Credit Suisse sejak itu menjadi bank besar Swiss pertama yang didakwa melakukan tindak pidana di negara asalnya, setelah dinyatakan bersalah membantu pencucian uang atas nama mafia Bulgaria. Sementara itu, bank telah membantah melakukan kesalahan dan mengatakan akan mengajukan banding atas putusan tersebut.

Pemberi pinjaman juga kehilangan kursinya António Horta-Osório kurang dari setahun dalam masa jabatannya pada bulan Januari, setelah ia mengundurkan diri karena pelanggaran peraturan Covid-19.

Sebelumnya, berdasarkan pemberitaan Bisnis pada Selasa (5/7/2022), Credit Suisse juga telah memecat lebih dari dua lusin sumber daya di garis depan pada bank investasi di Asia karena pemberi pinjaman Swiss bergulat dengan kerugian dan prospek melemahnya ekonomi global.

Mengutip dari Bloomberg, pengurangan dalam beberapa pekan terakhir jatuh di seluruh bisnis termasuk pembuatan kesepakatan dan perdagangan. Hal itu adalah bagian dari upaya global untuk mengurangi biaya dan lebih banyak pemotongan mungkin terjadi pada kuartal keempat.

Pemecatan itu terjadi karena Credit Suisse memperingatkan kerugian kuartalan ketiga berturut-turut terkait dengan pasar yang bergejolak dan klien mengurangi risiko.

Saham dan obligasi di seluruh dunia digabungkan telah jatuh paling banyak dalam catatan di paruh pertama, menurut data Bloomberg kembali ke tahun 1990, sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina dan dorongan oleh bank sentral utama untuk menaikkan suku bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper