Rabu, 23 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

Usulan Dana Trade Financing Masuk Agenda Pembahasan KTT APEC 2013

Sri Mas Sari   -   Minggu, 22 September 2013, 14:37 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, NUSA DUA – Negara anggota Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) mempertimbangkan kemungkinan penghimpunan dana untuk mendukung pembiayaan perdagangan atau trade financing di tengah ketidakpastian ekonomi global. 
  
Menteri Keuangan M.Chatib Basri mengatakan kemungkinan untuk mengumpulkan dana sebagaimana pernah dilakukan Group of 20 (G20) pada 2008 itu ada, meskipun baru pertama kali diangkat dalam forum APEC. 
  
Apalagi, 9 dari 21 anggota APEC merupakan anggota G20 yang saat krisis keuangan global melanda pada 2008 mampu menghimpun US$250 miliar untuk mendukung trade financing. 
  
Sembilan negara itu adalah Indonesia, Amerika Serikat, China, Jepang, Korea Selatan, Australia, Kanada, Meksiko dan Rusia. 
  
“Belajar dari G20 pada 2008-2009, isu ini kami bawa ke APEC. Kami bilang isu ini penting, makanya perlu ada dukungan trade financing. Itu didukung,” katanya seusai menutup APEC Finance Minister Meeting 2013, Jumat (20/9/2013). 
  
Meskipun demikian, pembicaraan belum mengerucut pada jumlah dana yang akan dihimpun dan lewat lembaga keuangan mana dana itu akan disalurkan. 
  
Pembahasan lebih detil akan dilakukan dalam pertemuan pemimpin negara anggota APEC (APEC Leaders Meeting) 2013 yang dihelat di Nusa Dua, Bali, 1-8 Oktober. 
  
Chatib menuturkan trade financing sangat penting untuk mempertahankan kinerja ekspor di tengah ketidakpastian ekonomi global, termasuk negara-negara berkembang di Asia Pasifik. 
  
Lima tahun lalu, seiring peningkatan risiko global, naik pula risiko perdagangan yang dihadapi dunia usaha sehingga mereka kesulitan mendapatkan pembiayaan perdagangan karena perbankan komersial memperketat pinjamannya. 
  
Akibat kemacetan pembiayaan perdagangan ini, G20 kemudian memastikan penyediaan dana US$250 miliar selama 2 tahun untuk mendukung trade finance, yang a.l. disalurkan melalui Bank Pembangunan Asia (ADB). 


Editor : Hery Lazuardi

Berlangganan Epaper Bisnis Indonesia Cuma Rp10 Juta Seumur Hidup, Mau? Klik disini!
 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.