Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala BKPM Promosi Investasi ke Korea Selatan

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani diagendakan melakukan kunjungan kerja ke Seoul, Korea Selatan malam ini (17/12).
Indonesia-Korea. /Bisnis.com
Indonesia-Korea. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani diagendakan melakukan kunjungan kerja ke Seoul, Korea Selatan malam ini (17/12).

Misi dari kunjungan kerja tersebut adalah untuk memperkuat kerja sama investasi Indonesia dan Korea Selatan yang selama ini dikenal sebagai salah satu kontributor utama negara asal investasi yang masuk ke Indonesia. Salah satunya adalah dengan menandatangani nota kesepahaman dengan pihak perbankan yang dijadwalkan akan dilakukan Jumat (18/12/2015).

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani menyampaikan bahwa Korea Selatan merupakan negara yang penting dalam upaya Indonesia untuk menarik minat investasi asing.

“BKPM akan bekerjasama dengan salah satu perbankan utama di Korea Selatan, ini penting untuk memperkuat jaringan bisnis dan menghubungkan investor asal Korea Selatan dengan BKPM,” ujarnya dalam keterangan resmi kepada pers, Kamis (17/12/2015).

Menurut Franky, bank yang dipilih sebagai mitra kerjasama tersebut merupakan bank yang telah memiliki jaringan operasional di Indonesia sehingga akan memudahkan baik dari sisi kerjasama maupun dukungan pembiayaan ke investor. “Harapannya kerjasama tersebut akan memperkuat aliran investasi dari Korea Selatan ke Indonesia,” lanjutnya.

Hingga menjelang akhir tahun 2015, minat investasi Korea Selatan terus menunjukkan peningkatan. Dari data BKPM periode 22 Oktober 2014 hingga 4 Desember 2015, tercatat minat investasi yang teridentifikasi mencapai US$ 16 miliar (setara dengan Rp 216 triliun dengan kurs Rp 13.500).

“Minat tersebut menjadi perhatian dan prioritas BKPM untuk dapat diarahkan menjadi izin prinsip (komitmen investasi) hingga kemudian bermuara menjadi realisasi investasi,” urainya.

Selain dijadwalkan melakukan penandatanganan nota kesepahaman, Kepala BKPM juga diagendakan menghadiri the 2nd RI – ROK Joint Commission Meeting (JCM), yang merupakan forum bilateral untuk membahas pelaksanaan beberapa kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan yang telah dilaksanakan selama ini.

Turut bersama delegasi RI dalam forum tersebut adalah Menteri Luar Negeri RI Retno L. P. Marsudi dan Duta Besar RI untuk Republik Korea John A. Prasetyo.

Franky menambahkan bahwa kerjasama peningkatan FDI dengan Korea Selatan menitikberatkan pada peningkatan investasi pada sektor infrastruktur termasuk jalan, sekolah dan rumah sakit serta sektor industri.

Dari data realisasi investasi yang dikeluarkan oleh BKPM periode Januari-September 2015, Korea Selatan menempati peringkat empat dengan nilai investasi US$ 1,0 miliar 1.529 proyek, posisi Korsel tersebut dibawah Singapura yang menempati posisi teratas US$ 3,55 miliar dengan 1.999 proyek; dan Malaysia US$ 2,9 miliar dengan 600 proyek dan Jepang yang menduduki peringkat ketiga dengan nilai mencapai US$ 2,5 miliar dengan 1.318 proyek. Sedangkan di bawah Korsel tercatat Belanda US$  908 juta dengan 301 proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper