Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BKPM: Pengembangan Pelabuhan Rp7,1 Triliun Diminati Investor Belgia

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengidentifikasi minat investasi dari pengusaha Belgia untuk pengembangan pelabuhan senilai US$574,5 juta (setara Rp7,1 triliun dengan kurs Rp12.500).
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani./JIBI-Dedi Gunawan
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengidentifikasi minat investasi dari pengusaha Belgia untuk pengembangan pelabuhan senilai US$574,5 juta  (setara Rp7,1 triliun dengan kurs Rp12.500).

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan perusahaan sudah menjalin komunikasi dengan salah satu BUMN pengelola pelabuhan terkait minat itu. Franky sedang mengikuti kunjungan Presiden Joko Widodo ke Belgia.

"Dalam pertemuan, perusahaan meminta BKPM untuk memfasilitasi agar minat mereka dapat berjalan sesuai rencana. Termasuk dalam koordinasi dengan kementerian- lembaga lainnya," ujarnya dalam siaran pers BKPM, Jumat (22/4/2016).

Dalam kegiatan CEO Roundtable Meeting antara Kepala BKPM dan 15 perusahaan Belgia, Kamis (21/4/2016) itu, pengusaha Belgia menyoroti tentang persoalan infrastruktur.

Bersama Ketua Kadin Roesan Roslani yang hadir dalam pertemuan, Franky memaparkan perkembangan berbagai pembangunan proyek infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah.

Beberapa di antaranya pembangunan jalan tol, pelabuhan, serta bandara.

Franky juga menjelaskan pertemuan dengan pimpinan perusahaan Belgia dalam rangka kunjungan kerja Presiden Jokowi itu berlangsung dengan baik.

Dia menyampaikan bahwa perusahaan-perusahaan Belgia yang hadir dalam pertemuan sebagian sudah berinvestasi di Indonesia dan berencana memperluas investasinya.

"Misalnya perusahaan yang memproduksi serat baja memperluas investasinya senilai US$50 juta  di Karawang, industri pembuatan pisau yang berencana membuka pabrik baru di Bekasi, serta perusahaan ritel yang akan melakukan perluasan jaringan," katanya.

Pertemuan dengan 15 perusahaan Belgia yang digelar BKPM merupakan tindak lanjut dari kunjungan Putri Astrid ke Jakarta, Maret lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Putri Astrid membawa 301 orang termasuk 167 CEO dari 167 perusahaan.

BKPM mencatat sepanjang 2010-2015, realisasi investasi Belgia di Indonesia mencapai US$132 juta  dan berada di peringkat 27 negara asal investasi yang masuk ke Indonesia.

Adapun dari sisi komitmen investasi dari Belgia untuk periode yang sama tercatat US$213, 5 juta  terdiri dari 64 proyek investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper