Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Pasang Alat Ini Untuk Cegah Skimming di ATM

Bank Rakyat Indonesia bakal melengkapi fasilitas anjungan tunai mandirinya (ATM) dengan beberapa teknologi dan memperketat pengawasan.
atm/web
atm/web

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (Persero) bakal melengkapi fasilitas anjungan tunai mandirinya (ATM) dengan beberapa teknologi dan memperketat pengawasan.

Hal itu berkaca dari kasus skimming di sebuah anjungan tunai mandiri (ATM) di Kediri. Akibat kejadian itu, belasan nasabah BRI Unit Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur melaporkan adanya penarikan uang dari rekeningnya tanpa sepengetahuan mereka.

"Memang kita terus selalu meningkatkan kewaspadaan. Kebetulan ada satu ATM yang di-skimming. Kita sudah identifikasi dan pelakunya sudah ketangkap," kata Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto di Istana Negara, Kamis (15/3).

Menurutnya, kejadian skimming ATM ini hanya terjadi di satu ATM di unit yang berada di Kediri dengan jumlah kerugian tidak lebih dari Rp100juta.

Untuk mengantisipasi adanya kejadian serupa, dia akan menginstrusikan penambahan aparat keamanan melalui outsourcing. Penambahan itu harus dilakulan karena pengamanan dilakukan secara harian.

Selain dari internal perbankan, Suprajarto menyebutkan bakal mewajibkan notifikasi bagi nasabah sehingga mereka bisa mengecek transaksi keuangan yang masuk dan keluar. Jika ditemukan transaksi yang mencurigakan, nasabah bisa langsung melaporkannya ke BRI.

Ditanya adanya kemungkinan kejadian serupa terjadi di Jakarta, dia dengan tegas menampik hal itu. Dia menyatakan kejadian skimming ATM belum pernah terjadi di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper