Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Said Didu: Ada Genderuwo di 4 Sektor Perekonomian Berikut

Mantan Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Said Didu mengatakan ada genderuwo ekonomi di empat sektor perekonomian.
Said Didu/Antara
Said Didu/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Said Didu mengatakan ada genderuwo ekonomi di empat sektor perekonomian.

 Pertama, di sektor anggaran, termasuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), atau Daerah (APBD).

Kedua, sektor migas. Ketiga, sektor penegakan hukum. Keempat, keempat di sektor kebijakan di lingkup Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Terma genderuwo ekonomi yang dimaksud Said adalah para mafia.

Menurut Said Didu empat sektor ini adalah sektor yang paling rentan terhadap praktik mafia ekonomi, terutama di sektor migas.

"Jadi sebenarnya sektor-sektor ini yang menjadi perhatian saja. Sektor migas itu paling besar, penguasaan lahan besar juga," kata dia kepada wartawan selepas acara Rabu Biru, di Media Ceter Prabowo - Sandiaga di Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Rabu (14/11/2018).

Untuk mengatasi genderuwo ekonomi ini, kata Said Didu, hanya diperlukan orang-orang baik untuk melawannya. Cukup 20 orang, kata dia. Syaratnya, hanya takut kepada Tuhan. Negara akan sulit menghentikan praktik ini apabila orang-orang yang ditempatkan di sektor-sektor itu juga sesama mafia, atau yang Said sebut sebagai 'pengatur genderuwo'.

"Maka sebagai pengatur pembagian rezeki para genderuwo, ya susah," ujar dia.

Kekuatan untuk menghentikan para mafia ini, menurut dia, hanya dimiliki oleh orang yang sedang duduk di tampuk kekuasaan. Sebaliknya, bila dalam posisi tidak sedang berkuasa hanya kritik saja yang dapat dilakukan.

Menurut Said, pelaku mafia ini selalu sama sejak lama. Berulang kali kepemimpinan berpindah tangan, tetapi mafia tetap sama.

Said menjelaskan cara untuk menyetop mafia adalah dengan mengajak mereka melakukan kegiatan ekonomi secara jujur, mengikuti semua aturan, dan tidak memainkan lobi-lobi kekuasaan.

Dikatakan, tindakan persuasif diperlukan untuk mengatasi genderuwo ekonomi ini. Mereka perlu dihadapkan pada dua pilihan, ikut aturan atau bisnisnya dijegal pemerintah.

"Caranya panggil baik-baik. 'Pilihan anda, anda mau terus bisnis ikuti aturan kami, atau kami akan menghentikan anda'," kata Said mengandaikan bila terjadi percakapan dengan para mafia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper