Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dividen Pertamina Tak Ditarik Pada 2015

Pemerintah memastikan tidak akan menarik dividen dari PT Pertamina (Persero) pada tahun buku 2015 demi menggenjot investasi pada sektor energi.

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah memastikan tidak akan menarik dividen dari PT Pertamina (Persero) pada tahun buku 2015 demi menggenjot investasi pada sektor energi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno mengatakan terdapat 1-2 BUMN yang tidak akan dimintai dividen pada 2015 mendatang. Diantaranya PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

“Kami tetapkan Pertamina tidak bayar dividen dan apabila diperlukan akan ditambah penyertaan modal negara,” ungkapnya, Senin (8/12/2014).

Padahal, Pertamina dan PLN terbilang sebagai penyumbang pendapatan dari dividen BUMN paling besar. Sejak 2009-2013, Pertamina menyumbang dividen sebesar Rp39,74 triliun dan PLN menyumbang Rp13,49 triliun.

Secara keseluruhan, tahun ini setoran dividen BUMN dipastikan tekor Rp3,8 triliun menjadi Rp36,2 triliun dari total target sebesar Rp40 triliun. Pada tahun anggaran 2013, setoran dividen tercatat mencapai Rp34,02 triliun dari total target Rp36,46 triliun.

Pemerintah juga akan mengurangi rasio dividen BUMN sektor energi yang tercatat sebagai emiten yakni PT Aneka Tambang (Persero) Tbk., PT Timah (Persero) Tbk., dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper