Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pegadaian Balikpapan Targetkan Penyaluran Kredit Fidusia Rp20,7 M

Pegadaian Wilayah Area Balikpapan menargetkan penyaluran Kredit Angsuran Sistem Fidusia (Kreasi) untuk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) mencapai Rp20,7 miliar hingga akhir tahun.
Pegadaian. /Jibi
Pegadaian. /Jibi

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pegadaian Wilayah Area Balikpapan menargetkan penyaluran Kredit Angsuran Sistem Fidusia (Kreasi) untuk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) mencapai Rp20,7 miliar hingga akhir tahun. 

Deputi Pemimpin Pegadaian Wilayah Area Balikpapan Firman Alghazali optimistis dapat mencapai target tersebut mengingat pertumbuhan kredit sektor UMKM ini cukup signifikan dibanding dengan capaian tahun sebelumnya. 

“Sejak awal tahun hingga akhir Mei ini kredit yang sudah disalurkan mencapai Rp13,7 miliar. Sementara itu pada periode yang sama di tahun lalu, penyalurannya hanya Rp6,7 miliar. Pertumbuhannya dua kali lipat,” jelasnya, Jumat (19/6/2015). 

Dia mengatakan pertumbuhan kredit ini didongkrak oleh kebijakan baru dari Pegadaian pusat yang kini mengubah pola penyaluran kredit. Mulanya kredit UMKM hanya disalurkan dari tiga kantor cabang dan 30 kantor unit Pegadaian.

“Kalau sekarang 11 kantor cabang dengan 61 kantor unit bisa menyalurkan kredit UMKM juga. Jadi area pelayanan lebih luas. Ini yang mendongkrak sekali pertumbuhan kreditnya,” lanjut Firman. 

Meskipun demikian, dia mengakui pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah kini tengah melambat. Namun, dia optimistis sektor UMKM akan tetap dapat berkembang. 

“Sekalipun kondisi ekonomi sedang krisis, sektor UMKM itu yang paling bisa bertahan. Jadi saya yakin target penyaluran kredit dapat tercapai, setidaknya bisa mencapai Rp18 miliar hingga akhir tahun,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper