Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ultah ke-488 DKI, BI Resmikan Kantor Perwakilan Provinsi DKI

Bersamaan dengan hari ulang tahun ke-488 tahun Kota Jakarta, Bank Indonesia membuka kantor perwakilan wilayah provinsi DKI Jakarta.
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Bersamaan dengan hari ulang tahun ke-488 tahun Kota Jakarta, Bank Indonesia membuka kantor perwakilan wilayah provinsi DKI Jakarta.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan pembukaan kantor perwakilan wilayah DKI ini telah diputuskan oleh Dewan Gubernur BI pada akhir tahun lalu.

"Kami memprioritaskan pendirian kantor perwakilan BI di DKI dengan pertimbangan bahwa Jakarta merupakan pusat bisnis, pusat kebudayaan, pusat industri jasa keuangan, serta pintu gerbang utama masuknya arus investasi," ujarnya di Jakarta, Senin (22/6/2015).

Agus menyebutkan Jakarta yang merupakan Ibu Kota Negara Republik Indonesia memiliki kontribusi signifikan dalam pengelolaan inflasi nasional dan produk domestik bruto (PDB).

Tingkat inflasi Jakarta berkontribusi hingga 20% terhadap inflasi nasional dan 17% trrhadap kontribusi PDB nasional.

"Terkait dengan hal ini, upaya untuk melakukan pendalaman analisis, kajian, dan riset terhadap ekonomi Jakarta semakin mendesak. Analisis ekonomi dan kerjasama yang selama ini dilakukan kantor pusat BI akan dapat diperdalam dengan dibukanya kantor perwakilan BI DKI Jakarta," lanjut Agus.

Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menyebutkan pembukaan kantor perwakilan BI ini merupakan salah satu hadiah bagi Ibu Kota yang berulang tahun.

Pria yang akrab disapa Ahok ini menyatakan akan melibatkan BI dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI.

Menurut Ahok, keterlibatan BI dalam penyusunan APBD DKI penting supaya penggunaan anggaran pemerintah daerah memberi dampak ekonomi yang maksimal.

"Kami setiap Senin ada rapat pimpinan, BI bisa sebulan sekali atau setiap minggu memberi masukan. Akan kami sediakan waktu dalam rapim," ucapnya.

Adapun dalam peresmian kantor perwakilan BI wilayah DKI ini, dilantik pula Kepala Perwakilan BI wilayah Jakarta, yakni Doni Primanto Joewono. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper