Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Padang Dorong Bank Nagari Jadi Bank Syariah

Pemerintah Kota Padang mendorong perbankan daerah milik pemda, PT BPD Sumatra Barat atau Bank Nagari beralih menjadi bank syariah guna meningkatkan penetrasi keuangan syariah di daerah itu.
Kantor pusat Bank Nagari di Padang Sumatra Barat/banknagari.co.id
Kantor pusat Bank Nagari di Padang Sumatra Barat/banknagari.co.id

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Kota Padang mendorong perbankan daerah milik pemda, PT BPD Sumatra Barat atau Bank Nagari beralih menjadi bank syariah guna meningkatkan penetrasi keuangan syariah di daerah itu.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo mengatakan sebagai kuasa pemegang saham Bank Nagari dari Pemkot Padang, pihaknya mendorong BUMD tersebut beralih dari bisnis konvensional ke syariah.

“Idealnya diubah menjadi syariah, karena pasarnya sudah sangat jelas. Potensinya sangat besar sekali di Sumbar yang memang akrab dengan syariah,” katanya, Rabu (2/10/2016).

Dia mengatakan sudah mengajukan usulan tersebut dalam RUPS, dan sebagian besar pemegang saham setuju dengan opsi mengubah dari bank konvensial menjadi syariah atau membentuk dua bank dengan spin off unit syariah.

Mahyeldi menyebutkan kebijakan pemerintah yang mengembangkan sektor syariah, termasuk pariwisata halal yang menjadi jualan utama, perlu disinergikan dengan keberadaan sektor keuangan yang syariah pula.

“Ini perlu, karena daerah juga mengembangkan sektor yang berkaitan dengan syariah, pariwisata misalnya. Bahkan kita mewakili Indonesia dalam ajang pariwisata halal dunia,” ujarnya.

Sebelumnya, Komisaris Utama Bank Nagari Efa Yonnedi mengatakan manajemen tengah mengkaji sejumlah opsi untuk pengembangan bank milik pemda tersebut.

Opsi yang dimiliki adalah mengubah model bisnis Bank Nagari dari model konvensional menjadi bank syariah, atau melakukan spin off unit usaha syariah menjadi bank syariah yang berdiri sendiri.

“Manajemen masih melakukan pengkajian, hasilnya nanti dilaporkan ke pemegang saham. Mereka yang tentukan apakah akan mengubah model bisnis, atau spin off,” ketanya.

Adapun, sejumlah BPD di Tahan Air sudah mengubah bisnis menjadi syariah, seperti Bank Aceh, dan Bank NTB yang tengah menyiapkan diri menjadi bank syariah.   

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper