KESETERAAN GENDER: Uni Eropa Luncurkan Bluebook 2017

Uni Eropa dan Indonesia kembali merilis Blue Book 2017 yang merupakan laporan tahunan kerja sama pembangunan bertema kesetaraan gender.Tema kesetaraan gender dipilih lantaran Uni Eropa mendukung penuh upaya pemberdayaan perempuan, baik secara ekonomi maupun politik, serta perjuangan melawan kekerasan berbasis gender dan penerapan kebijakan berorientasi gender.
Dewi Aminatuz Zuhriyah | 16 Mei 2017 17:30 WIB
Ilustrasi - Genderintelligence

Bisnis.com, JAKARTA—Uni Eropa dan Indonesia kembali merilis Blue Book 2017 yang merupakan laporan tahunan kerja sama pembangunan bertema kesetaraan gender.

Tema kesetaraan gender dipilih lantaran Uni Eropa mendukung penuh upaya pemberdayaan perempuan, baik secara ekonomi maupun politik, serta perjuangan melawan kekerasan berbasis gender dan penerapan kebijakan berorientasi gender.

“Kesetaraan antara perempuan dan laki-Iaki merupakan salah satu nilai dasar Uni Eropa. Uni Eropa dan Indonesia bersama-sama yakin bahwa kesetaraan gender seharusnya ada di hati masyarakat kita dan bahwa pemberdayaan perempuan akan meningkatkan keadilan sosial, pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi serta perdamaian,” ujar Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend, Selasa (16/5) di Jakarta.

Guerend mengatakan bahwa kesetaraan gender membuat perempuan mampu berpartisipasi secara penuh dalam masyarakat, baik di bidang politik, ekonomi, maupun sosial dan meningkatkan kemampuan mereka untuk memajukan masyarakat di sekitarnya.

Tak hanya itu, pemberdaayaan perempuan juga penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi serta pembangunan berkelanjutan.

Tag : uni eropa, Pertumbuhan Ekonomi, gender
Editor : Lutfi Zaenudin

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top