Sri Mulyani Andalkan Konsumsi Akhir Tahun Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap akhir tahun menjadi penentu tumbuhnya konsumsi rumah tangga, terutama dengan adanya momentum liburan Natal dan Tahun Baru 2018.
Dewi Aminatuz Zuhriyah | 07 Desember 2017 17:21 WIB
Wakil Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika Soebronto Laras (dari kiri), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Hery Trianto, berjalan memasuki ruangan acara Bisnis Indonesia Economic Challenges 2018 di Jakarta, Senin (4/12). - JIBI/Dwi Prasety

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap akhir tahun menjadi penentu tumbuhnya konsumsi rumah tangga, terutama dengan adanya momentum liburan Natal dan Tahun Baru 2018.

Menurut Menkeu, jika konsumsi rumah tangga tumbuh maka hal itu juga akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Kalau pada kuartal IV/2017 ini kan harapannya konsumsi akan lebih baik lagi dari kuartal kemarin yang 4,93%. Kalau kita ingin tumbuh di atas 5%, kita harus mendapatkan konsumsi rumah tangga itu tumbuh 5% dan kuartal IV/2017,” kata Sri Mulyani di JCC, Kamis (7/12/2017)

Sri Mulyani menjelaskan pertumbuhan konsumsi pada akhir tahun itu biasanya faktor seasonal dengan adanya musim liburan. "Pola spending itu ada harapan pick up di kuartal IV/2017."

Dengan adanya musim liburan akhir tahun, daya beli diharapkan akan tetap terjaga, inflasi rendah, yang kemudian dikombinasikan dengan investasi maupun ekspor yang masih tumbuh.

“Kami akan mendapatkan pertumbuhan di kuartal IV/2017 sebesar 5,1%, bahkan saya mengharapkan di atas 5,2% pada kuartal IV/2017, dengan demikian momentum itu tetap terjaga pada 2018.”

Tag : sri mulyani
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top